News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mobil Pemadam Rusak, 3 Rumah Warga di Tjg.Pura Ludes Dilalap Api

Mobil Pemadam Rusak, 3 Rumah Warga di Tjg.Pura Ludes Dilalap Api

 


Musibah kebakaran menghanguskan 3 unit rumah semi permanen di Lingkungan lV Kelurahan Pekan Tanjung Pura, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumut. 

Peristiwa kebakaran menimpa warga miskin ini terjadi sekitar pukul 03.20 Wib, dimana negara sedang mengalami pandemi Covid-19.

Informasi dhimpun, Posmetro-Medan.com, Jum’at (02/04/2021) api berasal dari rumah Abdul Halim (53) yang tinggal bersama adiknya Alimatun Syakdiah (50), warga Lingkungan lV Kelurahan Pekan Tanjung Pura, Kecamatan Tanjung Pura.

Selanjutnya api merambat kerumah jiran tetangganya, diantaranya rumah seorang janda Yusna Siregar alias Ombos (60), yang tinggal bersama 1 orang anaknya, serta rumah Ria Suryati (48) tinggal bersama 4 orang anak dan 3 orang cucu berstatus anak yatim.

Api juga menjilat (merambat) ke dapur rumah Ida Khalila (54), dan berhasil dipadamkan warga, dengan penyiraman air dengan peralatan seadanya, serta melakukan penghancuran dapur rumah Ida Khaila, agar api tidak merambat kebangunan fisik induknya. Diduga kuat kebakaran itu akibat terjadi arus pendek korsleting listrik. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian matererial mencapai ratusan juta rupiah. Api meludeskan seisi rumah termasuk barang ekektronik seperti mesin cuci, televisi (TV), tempat tidur, pakaian, uang, surat-surat beharga, dan lainnya.

Menurut Abdul Halim, api pertama terlihat oleh adiknya, yang pada malam itu hendak mengambil air wudhu untuk melakukan sholat tahajud. 

“Adik saya berusaha memadamkan api malam itu dengan air, namun api makin besar, sehingga Ia keluar rumah dan berteriak minta tolong,” sebut Abdul Halim dengan raut wajah yang sedih.

Dirinya dan warga setempat berupaya memadamkan api, namun kobaran api begitu cepat merambat kerumah, dikarenakan bangunan rumah tersebut sebagian besar berbahan papan/kayu. Bebearapa warga lainyapun mendatangi posko pemadam kebakaran, namun mobil pemadam kebakaran (Damkar) yang seyogianya standby di halaman Kantor Camat Tanjung Pura, sedang tidak berada di tempat, dikarenakan mobil kebakaran milik Pemkab Langkat ini, dikabarkan sedang mengalami kerusakan sudah hampir 2 bulan.

Mobil pemadam baru tiba sekitar pukul 04.11 Wib, yang didatangkan dari Pemkab Langkat dari Kota Stabat. Dan selanjutnya memadamkan sisa-sisa api. Pemilik rumah terlihat shock, karena tidak tahu harus berbuat banyak, dan harus menerima semua musibah tersebut.

Dari pantauan Posmetro-Medan.com, dalam peristiwa kebakaran malam itu, turut hadir Lurah Pekan Tanjung Pura, Suwanto, S.Sos M.A.P, Babinsa dari Koramil 11 Tanjung Pura, Serda Kusno, beserta anggota, Bhabinkamtibmas Polsek Tanjung Pura, Aipda Tantowi, beserta anggota. Merekapun melakukan koordinasi kepada atasan mereka masing-masing untuk melaporkan kejadian peristiwa tersebut.

Lurah Pekan Tanjung Pura, Suwanto S.Sos M.A.P, mengatakan juga menyampaikan turut berduka cita atas musibah yang menimpa 3 warganya.

“Kita sudah beri laporan dalam musibah kebakaran ini kepada Camat Tanjung Pura,” sebut Suwanto.(Angga)

Tags

Posting Komentar