News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Yuswardi, Ajo Asal Medan yang Disegani saat Jadi Pemain dan Pelatih Sepakbola

Yuswardi, Ajo Asal Medan yang Disegani saat Jadi Pemain dan Pelatih Sepakbola

Yuswardi, Ajo Asal Medan

Lahir di Medan, Sumatera Utara, 2 Juli 1945, Yuswardi menjelma sebagai pemain dan pelatih yang disegani di dunia sepakbola dalam negeri.

Bermain di PSMS akhir 1960-an sampai pertengahan 1970-an dan Timnas Indonesia era 1960-an hingga 1970-an, Yuswardi yang
merupakan pemain berposisi spesialis bek kanan, memiliki julukan 'Ajo' yang berarti Abang (panggilan untuk keturunan Pariaman).

Mengawali karir bermain sepakbola dari klub Medan Putra, Yuswardi kian berkembang ketika bergabung dengan PS Perisai, keduanya merupakan klub anggota PSMS.

Kecintaanya kepada PSMS Medan tak diragukan lagi. Hal itu dibuktikan dari karier sepakbolanya ia rintis dan habiskan bersama PSMS Medan.

 Bersama PSMS Medan Yuswardi mempersembahkan berbagai gelar Juara Divisi Utama Perserikatan PSSI 1967,1969,1971 dan 1975.

Bahkan pada saat jadi juara bersama pada 1975 ketika PSMS menjadi Juara Bersama dengan Persija Yuswardi adalah Kapten PSMS Medan.

Yuswardi juga turut mempersembahkan emas bagi Tim Sepak Bola SUMUT pada PON 1969. Bahkan Yuswardi turut mengantarkan PSMS lolos hinga Semi Final Champions Cup Asia 1970.

Lalu membawa PSMS Medan menjadi Juara Soeharto Cup 1972, Marah Halim Cup 1972 dan 1973, Jusuf Cup 1974.

Pada 1974 Yuswardi ikut memperkuat PSSI Wilayah I yang bermaterikan 90% pemain PSMS, menjadi Juara Antar Wilayah PSSI dan membawa PSSI Wilayah I menjadi Runner Up President Cup 1974 di Seoul.

Di Timnas Indonesia Yuswardi menjadi bek kanan andalan Timnas Indonesia sejak 1967 hingga 1975. Permainannya cukup apik sebagai bek kanan karena bisa naik dan turun membantu serangan maupun bertahan bahkan mampu mencetak gol.

Setelah pensiun Yuswardi menjadi pelatih PSMS Medan.Yuswardi sempat membawa PSMS Medan menjadi Runner Up Kejurnas PSSI 1979 dan Juara Fatahillah Cup 1982.

Pada 1980 Yuswardi pula yang mengorbitkan bintang - bintang muda PSMS Jr yang baru Juara Suratin Cup 1980 ke Tim PSMS Sr hingga sukses menembus 6 Besar Divisi Utama Perserikatan PSSI.

Bintang - bintang itu antara lain Supardi, Juanda, Bambang Usmanto dan Ricky Yacob.

Setelah itu melatih PSSI Jr pada 1982-1983. Setelah itu melatih Timnas PSSI Perserikatan bersama dengan Hengky Heipon yang sempat berkiprah di Merdeka Games 1984 di Malaysia.

Pada masa ini pula dia mengorbitkan anak - anak Medan seperti Sakum Nugroho, Sutrisno, Ponirin Meka, Yusnick Adiputra dan Reno Latuperissa untuk menjadi bagian Timnas yang tampil lumayan bagus dalam kejuaraan tersebut.

Yuswardi juga sempat melatih Persija Jakarta, Semen Padang, dan PSSA Asahan.

Bahkan pada Piala Emas Bang Yos III pada Desember Tahun 2005 Yuswardi bersama M.Khaidir berhasil membawa PSMS jadi Juara setelah di Final mengalahkan Persik Kediri 2-1.


Oleh : Indra Efendi Rangkuti

Tags

Posting Komentar