Kolaborasi dengan Ojol, Anies Bikin Program Belanja dari Rumah


Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyampaikan bahwa Pemprov DKI Jakarta melakukan kerja sama dengan aplikator ojek online (ojol) untuk mengantar barang belanja warga saat mereka memesan di pasar.

Menurut Anies yang juga mantan Mendikbud ini, dengan cara ini, selama masa darurat corona, warga bisa tetap memenuhi kebutuhan belanja tanpa keluar rumah.

"Keluarga-keluarga di Jakarta tidak perlu pergi meninggalkan rumah, telepon saja ke pedagangnya, dan lalu membeli, dan nanti akan dikirim melalui jasa pengantaran ojek online. Nah, pengantarannya pun sudah bekerjasama dengan Pasar Jaya," ujar Anies di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa, 31 Maret 2020.

Anies mengungkapkan Pasar Jaya sudah mendata ratusan pedagang di setidaknya 80 pasar tradisional di ibu kota, untuk turut dalam program. Warga bisa membuka Instagram Pasar Jaya di @perumdapasarjaya untuk mendapatkan nomor telepon pedagang yang bisa dihubungi.

"Masyarakat Jakarta bisa membeli kebutuhan-kebutuhannya di pasar dengan secara langsung menelepon setiap pedagang yang ada di pasar itu," ujar Anies.

Anies juga mengemukakan warga diharapkan hanya menggunakan cara ini untuk berbelanja selama masa darurat corona. Pemprov ingin memastikan aktivitas warga di luar ruangan ditekan sebanyak mungkin sehingga mata rantai penyebaran virus diputus.

"Kita membuat sebuah program yang insya Allah masyarakat bisa memanfaatkannya, untuk belanja secara jarak jauh," ujar Anies.

Sebelumnya, Anies meminta warga ibu kota memilih belanja di pasar lewat telepon genggam selama masa darurat corona. Ada ratusan nomor kontak yang sudah disiapkan Pemprov DKI supaya warga menghubungi langsung pedagang pasar.

"Teman-teman bisa #belanjadarirumah, dapatkan nomor kontak berbagai pedagang di pasar," ujar Anies, dikutip dari Instagram resminya, @aniesbaswedan, pada Senin, 30 Maret 2020.

Bagikan Gratis :


Loading...