Header Ads

5 Manfaat Mandi Pakai Air Dingin untuk Kesehatan



Bagi kamu yang sering bangun pagi dan langsung beraktivitas, apakah terbiasa mandi menggunakan air dingin? Kalau bangun pagi, beberapa orang mungkin lebih memilih mandi dengan menggunakan air hangat.

Ya, alasan sederhananya karena tidak bikin kamu ‘kaget’ terkena air dingin di udara pagi hari yang biasanya juga masih dingin. Meski begitu, mandi pakai air dingin memiliki manfaat bagi tubuh.

1. Memberikan Stimulasi bagi Saraf


Takut mandi air dingin di pagi hari? Merasakan air dingin mengalir ke seluruh tubuh memang agar mengerikan, tapi beberapa orang mungkin sudah terbiasa mandi air dingin di pagi hari. Meski begitu, mandi dengan air dingin bisa meningkatkan asupan oksigen secara menyeluruh. Pernapasan merespons kejutan yang terasa oleh tubuh sehingga membantu kamu tetap hangat.

2. Melembutkan Kulit dan Rambut


Bicara soal kulit dan rambut, sebisa mungkin kamu melakukan cara alami untuk menjaganya. Salah satu cara alami untuk menjaga penampilan adalah mandi dengan air dingin.

Nyatanya, air panas cenderung lebih mudah membuat kulitmu kering. Mandi dengan air dingin malah bisa mengencangkan kutikula dan pori-pori kulit.

Selain itu, air dingin juga mampu menutup pori-pori di kulit dan kulit kepala juga sehingga mencegah kotoran masuk ke pori-pori kulit.

3. Meningkatkan Imunitas


Mandi dengan menggunakan air dingin juga mampu meningkatkan sirkulasi darah pada seluruh organ tubuh. Hal ini dapat membantu mencegah masalah kulit dan jantung.

Saat tubuh kamu terkena air dingin, sirkulasi darah mampu membuat arteri lebih efisien memompa darah. Jadi, kesehatan jantung akan meningkat seiring dengan menurunnya tekanan darah.

Kebiasaan mandi air dingin juga bisa membantu membersihkan arteri yang tersumbat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan


Mandi dengan air dingin mampu meningkatkan jaringan lemak baik yang bisa menghasilkan panas untuk menjaga tubuh tetap hangat. Lemak baik ini aktif ketika tubuh terkena stimulus temperatur yang dingin.

Oleh karena itu, mandi dengan air dingin bisa meningkatkan aktivitas jaringan lemak baik yang bisa memicu pembakaran lemak yang menumpuk di pinggang, punggung bagian bawah, leher, dan paha.

5. Mengurangi Gejala Depresi


Nah, kalau kamu sering merasa terkejut saat membiasakan diri mandi pakai air dingin, hal tersebut sebetulnya baik dalam beberapa konteks. Ya, dampak intens dari reseptor dingin di kulit terbukti mampu mengirimkan sejumlah besar impuls dari ujung saraf tepi ke otak.

Siapa yang menyangka, ternyata respon kulit terhadap air dingin bisa menghasilkan efek antidepresif loh. Jadi, suasana hati juga akan meningkat dan membuat kamu lebih bersemangat.

Coba deh, kamu pasti akan lebih merasa segar setelah mandi pakai air dingin di pagi hari. Rasa kantukmu mungkin jadi lebih mudah hilang karena kamu lebih bersemangat.

Nah, mandi pakai air dingin ternyata banyak manfaatnya ‘kan untuk kesehatanmu. Belum lagi, kamu tidak perlu bayar listrik lebih mahal untuk penggunaan water heater. Ya, asalkan jangan lupa bayar tagihan air di rumah.

Mudah saja sih, bayar pdam online sudah bisa dilakukan lewat Traveloka. Jadi, kamu bisa lebih menghemat waktu dan tenaga, tidak repot deh.



Loading...

Tidak ada komentar