Header Ads

Aplikasi Edit Foto Yang Wajib Ada di Smartphone



Aplikasi edit foto seolah jadi aplikasi wajib yang harus ada di setiap smartphone masa kini. Ya, tidak lain untuk kebutuhan update konten di media sosial. Belum lengkap memang kalau aktivitasmu belum diabadikan lewat foto yang bisa kamu upload ke media sosial.

Kamu pasti sudah mencoba banyak aplikasi edit foto untuk membuat konten yang menarik di Instagram. Nah, beberapa aplikasi wajib memang jadi andalan untuk semua orang. Tidak heran, terkadang orang lain sudah bisa menebak aplikasi yang kamu gunakan untuk mengedit foto.

1. Adobe Lightroom CC

Terkadang hasil foto yang kamu potret menggunakan kamera tidak sesuai dengan tone warna favoritmu. Saat mau di-posting, rasanya kamu belum puas dengan komposisi warnanya. Nah, aplikasi Adobe Lightroom CC bisa membantu kamu untuk mengedit foto berformat RAW.

Fitur aplikasi ini sangat mirip dengan versi desktop. Dengan kata lain, ketersediaan tools-nya sangat lengkap dan profesional. Pengoperasiannya yang mudah juga menjadikan aplikasi ini jadi aplikasi favorit para pecinta fotografi.

2. VSCO Cam

Bayangkan kamu sedang merencanakan staycation ke Pulau Dewata. Kalau lihat di Traveloka tiket pesawat ke Denpasar ‘kan banyak promonya, kamu bisa saja menemukan tiket murah sekarang juga. Lalu, pesan penginapan B&B kekinian yang Instagramable. Bawaannya pasti langsung ingin posting konten Instagram ala latepost gitu.

Nah, aplikasi VSCO jadi andalan banget untuk kamu yang suka bikin konten dengan tone pastel. Pilihan filternya bisa kamu gunakan secara gratis untuk membuat foto bernuansa klasik.

3. Snapseed

Tidak kalah dengan VSCO, aplikasi Snapseed juga punya banyak pilihan tools yang bisa membuat fotomu jadi lebih cantik dan estetis. Mulai dari pengaplikasian filter sampai melakukan editing saturasi di sebagian area foto bisa kamu lakukan dengan aplikasi ini. Nah, kamu juga bisa menemukan panduan untuk mengedit foto dengan aplikasi ini. Jadi, lebih praktis dan mudah, deh.

4. Unfold

Aplikasi ini sudah sangat tidak asing bagi para pecinta foto vintage yang minimalis. Dominasi efek editing dengan nuansa warna hitam atau putih membuat foto yang kamu edit jadi terlihat modern. 

Ada lebih dari 30 template foto minimalis yang bisa diaplikasikan sebagai frame foto kamu. Namun, sentuhan efek editing-nya tidak berlebihan sehingga foto kamu tetap bagus.

5. Huji

Kalau kamu sering menemukan hasil foto dengan efek kamera jadul, foto tersebut biasanya di-edit menggunakan aplikasi Huji. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang populer untuk digunakan untuk meniru hasil cetakan kamera disposable atau kamera 35mm. Untuk menggunakannya, kamu bisa menyesuaikan tampilan fokus yang mudah diatur lewat viewfinder di layar smartphone.

6. Canva

Perkembangan aplikasi dan teknologi informasi membuat semua urusan edit gambar dan desain grafis menjadi lebih mudah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs layanan desain grafis, gratis dari Canva.

Canva sejatinya bukan hanya situs editing photo. Tapi lebih dari itu. Melihat fitur-fiturnya, Canva lebih tepat disebut sebagai situs desain grafis online. Beragam karya desain grafis untuk komunikasi fisual bisa dihasilkan menggunakan Canva. Mulai dari desain yang sederhana hingga desain grafis yang profesional. Dan editing photo hanya bahagian kecil dari padanya.

Nah, kalau selama ini kamu bertanya-tanya soal cara membuat konten Instagramable, mungkin kamu bisa mencoba aplikasi editing tadi. Setiap aplikasi punya ciri khasnya masing-masing, tetapi hal yang paling penting adalah mencoba setiap fitur editing sesuai dengan selera kamu. (ril)


Loading...

Tidak ada komentar