News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Lima Masalah Pertanian Sumut, Ketua DPW Sumut Sesgab Relawan Ganjar Pranowo : "Persoalan Ini Harus Segera Diatasi"

Lima Masalah Pertanian Sumut, Ketua DPW Sumut Sesgab Relawan Ganjar Pranowo : "Persoalan Ini Harus Segera Diatasi"



Deli Serdang - Pertanian Indonesia khususnya Sumatera Utara, menghadapi sedikitnya lima persoalan pokok yang harus segera diatasi, di antaranya penurunan kualitas dan kuantitas lahan pertanian, kurangnya infrastruktur pendukung, kelemahan sistem alih teknologi, akses permodalan, dan panjangnya mata rantai niaga hasil pertanian.


"Persoalan terakhir itu yang paling pelik, karena pada akhirnya petani tidak bisa mendapatkan harga jual yang baik, bahkan untuk sekadar menutupi ongkos produksi mereka, dan persoalan ini harus segera diatasi" ujar Ketua DPW SESGAB Relawan Ganjar  Pranowo Sumut

Joni Perpulungan Sembiring SE. MM saat diwawancarai oleh media ini di dampingi oleh Sekretaris Sesgab Relawan Ganjar Pranowo DPW Sumut Daniel Kaban SE, Jum'at,  (22/09/2023) di Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang.


"Kelima persoalan mendasar itulah yang menurutnya menjadikan pertanian Indonesia mengalami kelesuan, padahal sejatinya Indonesia adalah salah satu negara agraria terbesar di dunia" pungkas Joni Perpulungan Sembiring SE. MM, Ketua DPW Sesgab Relawan Ganjar Pranowo DPW Sumut yang dikenal humble ini.


Kemudian Daniel Kaban SE mengamini dan menambahkan 


"Pemerintah Provinsi Sumut bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten dan Kota, serta tentu saja dengan dukungan Pemerintah Pusat, harus bekerja keras untuk mengatasi persoalan itu, dengan merumuskan kebijakan dan prioritas anggaran ke sektor Pertanian, terutama di Pedesaan," Pungkas Daniel Kaban SE.


Pada saat Tim Sesgab Relawan Ganjar Pranowo DPW Sumut melakukan kunjungan ke masyarakat di Deli Serdang, Joni Perpulungan Sembiring SE MM selaku Ketua juga mendengar secara langsung harapan petani jagung yang menginginkan harga jual lebih tinggi di pasaran sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan untuk menutupi biaya produksi dan kebutuhan sehari-hari yang saat ini jauh dari kata cukup.


"Dengan harga jual yang rendah seperti sekarang, kami nyaris tak dapat untung Pak, tipis sekali. Bagaimanalah caranya, Bapak-bapak yang berada di Pemerintahan bisa membuat harga lebih baik, sehingga kami pun lebih semangat dalam bekerja dan mencukupi sehari hari kami sebagai petani karena saat ini sangat jauh dari kata cukup" ujar seorang petani kepada Tim Relawan Sesgab Ganjar Pranowo DPW Sumut.

Tags

Posting Komentar