News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jelang Pemilu 2024, Dewan Ingatkan ASN Netral

Jelang Pemilu 2024, Dewan Ingatkan ASN Netral



Medan - Ketua Komisi I DPRD Medan Robby Barus SE, M.A.P menegaskan akan lebih fokus menjalankan fungsi pengawasan guna  mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 2024. Namun demikian selain pengawasan juga fungsi legislasi dan anggaran tetap dijalankan maksimal.

Apalagi, kolaborasi terhadap seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan selaku konterpart Komisi I DPRD Medan terus ditingkatkan. Karena hal itu dinilai penting guna mendukung 5 program prioritas Walikota Medan M Bobby Afif Nasution dalam upaya peningkatan pembangunan di Kota Medan demi kesejahteraan masyarakat.

Sebagaimana fungsi DPRD yakni Legislasi, berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah. Fungsi Anggaran, yakni  Kewenangan dalam hal anggaran daerah (APBD) dan fungsi Pengawasan yakni kewenangan mengontrol pelaksanaan Perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah.

Hal itu disampaikan Robby Barus kepada wartawan, Kamis (26/1). Menjelang tahun politik akan lebih fokus berkordinasi serta mengawasi seluruh stakeholder penyelenggara Pemilu. Sehingga pesta demokrasi dapat berjalan lancar. Sama halnya pengawasan terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tetap netral dan tidak berpihak kepada siapa saja demi suksesnya pesta demokrasi.

“Kita minta kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP SDM) Kota Medan agar terus mengingatkan seluruh ASN dan pegawai hingga Kepling (Kepala Lingkungan) di Kota Medan dapat mensukseskan pesta demokrasi dan tetap menjaga netralitas,” tegas Robby Barus yang juga Ketua Fraksi PDI P DPRD Medan itu. 

Disampaikan Robby, pihaknya mengingatkan seluruh perangkat penyelenggara Pemilu dan seluruh stakeholder supaya mematangkan program kerjanya. Begitu juga, rapat rapat koordinasi sudah dapat dimulai.

“Terutama kepada Pemko Medan supaya lebih teliti terkait kebutuhan prioritas. Begitu juga soal sikap netral ASN harus dijaga menghindari kecurangan dikemudian hari,” tandas Robby.

Begitu juga terkait hal keamanan, Robby mengharapkan Pemko supaya lebih awal dan segera melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian. “Saya yakin, pihak Kepolisian sudah melakukan persiapan soal keamanan. Untuk itu, Pemko supaya berkolaborasi disegala hal,” sebutnya.

Ditambahkan Robby, dalam waktu dekat ini pihaknya (red_Komisi I DPRD Medan) akan segera mengundang instansi terkait selaku konterpart Komisi I untuk rapat koordinasi persiapan Pesta Demokrasi.

“Kita harapkan semua pihak dapat memberi masukan dan sifat mendukung agar saat hari Pesta Demokrasi dapat berjalan sukses,” ungkap Robby. (ali)

Tags

Posting Komentar