News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

3 Fakta Tentang Danau Siais, Danau Terbesar Kedua di Sumut

3 Fakta Tentang Danau Siais, Danau Terbesar Kedua di Sumut

 


Danau Toba dikenal sebagai objek wisata legendaris yang ada di Sumatra Utara. Danau Toba juga sudah terkenal hingga ke mancanegara. Namun, tahukah Anda apabila terdapat danau terbesar kedua di Sumut? Ya, tempat tersebut bernama Danau Siais.

Danau ini terletak di Desa Rianiate, kurang lebih 40 kilometer dari Ibu Kota Tapanuli Selatan. Danau Siais ternyata dinobatkan sebagai danau terluas kedua setelah Danau Toba, dengan luas mencapai 4.500 hektare.

Danau Siais menjadi salah satu objek wisata yang harus dikunjungi, karena pesonanya tidak kalah epik dengan Danau Toba. Penasaran dengan pesona Danau Siais? Simak rangkumannya yang dihimpun dari beberapa sumber.


Air Danau yang Tenang

Ketika pengunjung datang berwisata ke Danau Siais, Anda langsung disuguhkan dengan pemandangan air danau yang luas dan arus yang tenang. Selain itu, pengunjung akan dibuat terpesona dengan keindahan pegunungan yang hijau mengelilingi danau tersebut. Pastinya pemandangannya sangat memanjakan mata dan cocok untuk healing dari hiruk pikuk aktivitas yang melelahkan.

Dengan keadaan danau yang tenang, sejuk, dan masih cenderung sepi, tempat ini sangat cocok untuk berwisata dengan keluarga atau bahkan dengan teman-teman. Selain itu, bagi wisatawan yang hobi berkemah, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot perkemahan.

Mengutip dari direktoripariwisata.id, Danau Sirais ini telah dijadikan sebagai tempat bumi perkemahan pramuka di Kabupaten Tapanuli Selatan.


Pemandangan Bukit yang Hijau

Di Danau Siais, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alamnya dengan dikelilingi perbukitan yang menambah pesona danau tersebut.

Keindahan perbukitan yang mengelilingi Danau Siais akan lebih menakjubkan apabila dilihat dari kejauhan. Lanskap panorama yang luar biasa indahnya bisa terlihat jelas.


Ada Ikan Keramat

Danau Sinais terdapat memiliki cerita legenda bahwa setiap pengunjung yang datang tidak diperbolehkan untuk menangkap dan memakan ikan jurung.

Sebab, menurut penduduk setempat, ikan tersebut konon merupakan ikan keramat dan dipercaya tidak boleh dimakan. Apabila melanggar, orang yang memakan ikan tersebut akan berumur pendek dan bahkan bisa tertimpa musibah.

Maka dari itu, Danau Siais sangat sering dijumpai ikan-ikan jurung berenang di sekitar danau karena populasinya yang terus meningkat.


(mdk/adj)

Tags

Posting Komentar