News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

102 Pelaku UMKM Gelar Festival Kuliner Mentai

102 Pelaku UMKM Gelar Festival Kuliner Mentai

Ketua Umum Mentai Muhammad Fahreza di dampingi Ketua Panitia Festival Kuliner M.E Ginting dan Project Manager Yasir Azis memberikan keterangan pers kepada wartawan.


Medan - Seratusan pelaku UMKM di Kota Medan menggelar festival kuliner di depan Kolam Renang Selayang Jalan Dr Mansyur Medan mulai, Sabtu (10/12) hingga Minggu (18/12). Adapun pelaksana dari event tersebut yakni komunitas Medan The Kitchen Of Asia (Mentai) yang baru terbentuk beberapa waktu lalu.

"Alhamdulillah, setelah beberapa waktu lalu Mentai terbentuk kita sepakat semua untuk menggelar festival kuliner di kawasan depan Kolam Renang Selayang. Adapun yang ikut dalam event ini para pelaku UMKM yang tergabung dalam Mentai maupun yang lainnya,” ucap Ketua Umum Mentai Muhammad Fahreza Syafrimal kepada wartawan, Kamis (8/12).

Didampingi Ketua Panitia festival kuliner Mentai Muhammad Edison (ME) Ginting dan Project Manager Festival Kuliner, Yasir Azis, Fahreza menjelaskan bahwa festival kuliner The Kitchen of Asia kali ini akan diikuti oleh lebih banyak pelaku UMKM dibidang kuliner. Jika sebelumnya pada festival kuliner di kawasan Masjid Raya Medan yang digelar Pemko Medan diikuti 78 pelaku UMKM, maka pada kegiatan festival kuliner kali ini akan diikuti oleh 102 pelaku UMKM kuliner.

"Dan bila pada saat di Masjid Raya kemarin digelar selama 6 hari, maka kali ini akan digelar selama 9 hari. Dengan begitu, masyarakat Kota Medan akan dimanjakan dengan pilihan sajian kuliner yang lebih banyak dan waktu yang lebih panjang," ujarnya.

Fahreza pun optimis, kegiatan ini akan lebih sukses dari kegiatan festival kuliner di Masjid Raya pada bulan Juli lalu. Bila pada saat itu transaksi keuangan di festival kuliner tersebut mencapai lebih dari Rp600 juta, maka pihaknya meyakini bahwa pada saat ini nanti transaksi keuangan dapat naik secara signifikan.

"Namun dapat kita pastikan bahwa harga makanan dan minuman yang dijual para pelaku UMKM di festival kuliner nanti cukup terjangkau. Dan bukan hanya masalah pendapatan yang dihasilkan, namun festival kuliner ini diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya," katanya.

Senada dengan Fahreza, Ketua Panitia ME Ginting menyampaikan bahwa kegiatan tersebut akan dibuka Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman pada, Sabtu (10/12) Pukul 11.00 WIB dan ditutup langsung oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution pada, Minggu (18/12).

"Nantinya pada acara penutupan festival kuliner, rencananya juga akan digelar nonton bareng Final Piala Dunia 2022," ungkap Ginting.

Untuk itu, Ginting pun meminta setiap pihak dan seluruh masyarakat Kota Medan untuk mendukung festival kuliner yang digelar oleh MENTAI tersebut. Sebab dengan didukung kegiatan tersebut, maka masyarakat Kota Medan juga telah mendukung para pelaku UMKM untuk berkembang dan naik kelas. "Kedepannya kita tidak berhenti sampai disini, kita akan roadshow untuk festival kuliner berikutnya," sebutnya.

Sementara itu, Project Manager Festival Kuliner, Yasir Azis menjelaskan bahwa festival kuliner kali ini akan diperkaya dengan menu-menu yang akan memanjakan lidah para pengunjung. Sebab, berbagai menu dari 11 negara akan disajikan dalam kegiatan tersebut.

"Mulai dari menu makanan khas Kota Medan, makanan nusantara, hingga makanan dari negara-negara Asia seperti Malaysia food, Thailand food, Vietnam food, Arabian food, Chinese food, bahkan hingga Western food akan turut disajikan sebagai pilihan untuk para pengunjung," kata Yasir.

Yasir juga mengungkapkan, festival kuliner The Kitchen of Asia tersebut juga akan dirangkai dengan berbagai kegiatan menarik, seperti lomba Fashion Show, Stand Up Comedy, seminar, talkshaw kuliner, dan berbagai kegiatan hiburan. Tak ketinggalan, kegiatan itu juga akan diikuti dengan gelaran nonton bareng Piala Dunia.

"Mohon dukungan dari semua pihak, mari kita sukseskan kegiatan festival kuliner The Kitchen of Asia pada 10 Desember hingga 18 Desember nanti. Bila kegiatan ini sukses, maka InsyaAllah Pemko Medan akan memfasilitasi kami pelaku UMKM di lokasi yang nantinya akan disediakan oleh Pemko Medan," pungkasnya. (ril)

Tags

Posting Komentar