News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wujudkan Kampung SDM dan Unggul Bebas Narkoba, Dosen dan Mahasiswa SKSG UI Gelar Pengmas

Wujudkan Kampung SDM dan Unggul Bebas Narkoba, Dosen dan Mahasiswa SKSG UI Gelar Pengmas

 


Dalam rangka mewujudkan Kampung Sumber Daya Manusia (SDM) dan unggul bebas narkoba, Dosen tetap Kajian Ilmu Kepolisian Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) bersama mahasiswa Universitas Indonesia (UI) melaksanakan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) melalui bauran secara luring maupun daring di Desa Pantai Cermin, Kec. Tanjung Pura, Kab. Langkat, Jumat (17/09/2021).

Kegiatan Pengmas 2021 Prodi Kajian Ilmu Kepolisian SKSG UI kerjasama dengan Pemerintah Desa Pantai Cermin Tanjung Pura Langkat berdasarkan Surat Permintaan Ijin PENGMAS 2021 Direktur SKSG UI No. S-0519/UN2.F13.D2/PPM.01/2021 balasan surat 140-13/VII/2021 Surat Balasan Izin PENGMAS 2021 dari Kepala Desa Pantai Cermin, Kec. Tanjung Pura.

Pengmas ini diikuti Dr. Surya Nita, SH, M.Hum merupakan Dosen Tetap Kajian Ilmu Kepolisian SKSG UI bersama Mahasiswa dengan Surat Tugas dari Direktur SKSG UI ST-0054/UN2.F13.D2/PPM.01/2021 Kepada Mahasiswa KIK atas nama Arif Purnama Oktora 1906415313 dan Charles Rio Valentine Pardede 2006611100 sebagai upaya dalam melaksanakan salah satu tri dharma perguruan tinggi.

Pengmas ini dibuka oleh Kapordi KIK SKSG Dr. Chairul Muriman. Kegiatan ini juga dihadiri Kanit 1 Narkoba Metro Jakarta Barat AKP Arif Purnama Oktora, SH, SIK, M.H, MSi beserta tim AKP Anggoro Winardi, S.H., M.H dan BRIPKA Daniel Martua. S. Psi. 

Dr. Surya Nita, SH, M.Hum mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya dalam memecahkan permasalahan nasional terkait narkoba dengan kegiatan PENGMAS 2021 SDM Unggul bagi Aparatur Desa dan Pemuka Masyarakat Pencegahan Narkoba melalui pendekatan metode FGDs. PENGMAS 2021 mempertukarkan informasi diantara Aparatur Desa dan Pemuka Masyarakat serta tim dari Metro Jakarta Barat sebagai panutan dalam merancang sebuah langkah tindaklanjut yang akan dilakukan khususnya dalam membangun SDM Unggul. 

”Upaya yang dapat dilakukan dalam meraih SDM Unggul bagi aparatur desa dan pemuka masyarakat dalam pencegahan narkoba di desa Pantai Cermin, Tanjung Pura perlu dibangun Pendidikan Kesadaran Bela Negara, membangun karakter kemanusiaan yang unggul cerdas terampil sesuai perkembangan digital, karakter Indonesia, karakter Pancasila yang tetap mengembangakan kearifan lokal masyarakat Desa Pantai Cermin Tanjung Pura Langkat Budaya Melayu Langkat Ramah, terbuka, beragama, senang ditanggapi namun tidak suka mengemis kepada orang lain,” ujar Surya Nita.

Surya Nita juga menuturkan, membentuk Kampung SDM Unggul dalam pencegahan narkoba, kepolisian sektor Tanjung Pura dan BNN Langkat dalam sosialisasi anti narkoba bisa melakukan penegakkan hukum atau penangkapan. Selain itu, dapat dilakukan upaya rehabilitasi bila ditemukan penyalahgunaan narkoba dengan urine positif bekerjasama dengan BNN Langkat.

Kemudian, melakukan pembinaan kepada pengguna dan masyarakat dalam pencegahan narkoba berkerjasama dengan Dinas Sosial & Ketenagakerjaan, Dinas Koperasi Dan UMKM, serta pemanfaatan dana desa melalui upaya peningkatan pengembangan ekonomi dalam kehidupan masyarakat desa dengan memberikan pelatihan kerja, modal usaha, kreaktivitas dan inovasi kearifan lokal budaya Melayu sebagai daerah wisata Melayu pengembangan potensi desa menjadi tempat wisata merupakan opsi terbaik. Dengan sistem pengelolaan secara swadaya, swakelola, dan partisipasi warga tentu akan memberikan lapangan ekonomi baru untuk kemajuan desa, sehingga akan tercipta sebuah desa yang bersih dari narkoba dan peran serta masyarakat turut menjaga nama baik desanya dengan kesadaran penuh menutup akses peredaran narkoba di desanya tersebut. 

"Untuk melengkapi upaya promosi desa wisata tersebut dibuat literasi dongeng yang baik mengenai desa wisata tersebut yang mampu membuat orang lain penasaran jika membaca litersasi atau dongeng tentang desa wisata tersebut dengan mengajak masyarakat kaum milenial untuk membuat cerita rakyat yang menarik dan mampu di sebarluaskan melalui media digital. Kedepan rencana tindak lanjut Desa Pantai Cermin, Tanjung Pura, Langkat Sumatera Utara merupakan Kampung SDM UNGGUL BEBAS NARKOBA,” tandas Surya Nita. (*)

Tags

Posting Komentar