News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Warga Medan : Kami Dirazia, Dilarang Berkerumun, Eh... Malah Bikin Pusat Kuliner di Kesawan

Warga Medan : Kami Dirazia, Dilarang Berkerumun, Eh... Malah Bikin Pusat Kuliner di Kesawan

 

Kerumunan di Kesawan City Walk

Warga Medan mengaku dibingungkan dengan dibukanya Kesawan Walk City. Padahal sejak 23 Maret hingga 5 April 2021, pemerintah pusat memberlakukan PPKM. 

Dan disejumlah kawasan, pemko juga aktif melakukan razia terhadap warung/cafe/pedahang di seputaran Kota Medan dan memberikan batasan buka hingga pukul 22.00 WIB.

"Bingung awak bang. Kami dirazia, disuruh tutup jam 10 malam. Tapi dia buka pusat jajanan di Kesawan. Tutupnya jam 12 malam," keluh Eka (39), warga Medan Marelan yang membuka usaha warung kopi.

"Kutengok pulak tadi di IG, foto kerumunan acara pembukaan Kesawan City Walk itu. Gak tau lah awak lagi bang," lanjut ayah 3 anak itu.

Lain hal dengan Eva. Pengusaha UMKM yang tak tersentuh bansos ingin pemerintah tidak plin plan membuat kebijakan.

"Kalau pusat jajanan bisa dibuka sampai ada kerumunan kekgitu, kenapa pulak sekolah masih ditutup?," kata Eva.

"Anakku sekolah di sekolah pemko. Uang sekolah dan uang bukunya full gak ada potongan. Tapi kenapa tak bisa masuk? Kan bisa diterapkan prokes kayak acara di Kesawan itu? Yang mengada-ada semua kutengok," sambung Eva lagi.

Sebelumnya, Wali Kota Medan Bobby Nasution resmi membuka pusat kuliner di Kesawan City Walk, di Jalan Ahmad Yani Medan Minggu (28/3/2021).

Kesawan City Walk telah diisi oleh sekitar 113 pedagang dari kalangan UMKM. Para pedagang telah divaksinasi untuk mendukung program nasional pemulihan pasca pandemi Covid-19. Lokasi launching sendiri berada di depan Tjong A Fie Mansion.

"Di Medan semua etnis harus ditonjolkan, kita hidup rukun damai selama ini. Pemko Medan akan menjaga pluralisme jadi kekuatan," kata Bobby.

Bobby kembali menjelaskan pilihan diksi Medan The Kitchen of Asia, Medan dapurnya Asia. Maksudnya, hari ini dapur itu akan diposisikan di depan tak lagi di bagian belakang sebuah rumah. 

Dengan menonjolkan nilai histori, maka kuliner kebanggaan banyak etnis di Kota Medan akan punya value yang meningkat. Nantinya, Kesawan City Walk buka mulai pukul 18.00 WIB hingga 24.00 WIB.


Beberapa hari sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Utara (Sumut) memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berskala Mikro dari 23 Maret hingga 5 April 2021.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Sumut Irman Oemar di Medan pada Kamis (25/3).

"Perpanjangan PPKM Mikro di enam kabupaten/kota yang menjadi sasaran itu untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 secara lebih ketat,” ujarnya.

Enam daerah yang melaksanakan PPKM mikro ini, yakni Kota Medan, Binjai, Pematangsiantar, dan Kabupaten Deli Serdang, Simalungun dan Langkat. (pm)

Tags

Posting Komentar