News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Penting! Ini 5 Resolusi untuk Tetap Sehat di tahun 2021

Penting! Ini 5 Resolusi untuk Tetap Sehat di tahun 2021

 


Tahun 2021 adalah tahun baru dengan harapan baru. Anda mungkin punya banyak  harapan baik di tahun ini yang intinya membuat Anda lebih baik dari tahun sebelumnya.

 

Salah satu harapan atau resolusi yang dijalankan di tahun 2021 adalah dengan menjaga kesehatan. Dengan tubuh yang tetap sehat, akan membuat Anda menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan lebih bahagia dalam menjalani hidup.

 

Mungkin Anda bingung bagaimana cara awal agar tetap sehat sebagai resolusi di tahun 2021 ini. Tidak usah khawatir! Artikel ini akan memberikan 5 tawaran resolusi yang bisa Anda lakukan agar kesehatan Anda tetap baik dan membuat kebiasaan baru yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah:

1. Berolahraga Teratur

Dengan olahraga teratur, Anda akan menjadi lebih tetap sehat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Tidak perlu terlalu lama, cukup lakukan kegiatan bergerak dan berkeringat selama 30 menit setiap hari dan Anda akan membuat kesehatan menjadi lebih terjaga. Pastikan memiliki peralatan yang tepat saat berolahraga.

 

Anda juga bisa melakukan kegiatan olahraga lari sebagai aktivitas fisik. Dilansir dari Hellosehat, berlari secara rutin dapat menjaga jantung tetap sehat, menurunkan resiko darah tinggi, menjaga kinerja memori otak, atau membuat otot kaki tetap kuat.

 

Dengan melakukan olahraga teratur, kesehatan Anda di tahun ini menjadi tetap terjaga, apalagi bila Anda lakukan secara terus-menerus di tahun berikutnya.

2. Makan Makanan Sehat

Tinggalkan cemilan tidak sehat atau junk food dan beralih pada makanan sehat. Dilansir dari Halodoc, makanan sehat merupakan makanan yang memiliki kandungan nutrisi penting untuk tubuh. Makanan ini selalu dikaitkan dengan 4 sehat 5 sempurna.

 

Beberapa jenis makanan yang seringkali dilupakan pada makanan adalah sayur dan buah. Di tahun ini pastikan Anda mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang terutama dengan memprioritaskan memakan sayur dan buah di setiap harinya.

 

Selain menyehatkan, dengan mengkonsumsi makanan sehat Anda akan mendapat berbagai macam manfaat seperti membuat berat badan tetap stabil, kesehatan kulit menjadi lebih baik dan tentunya gula darah menjadi lebih terkontrol.

3. Buat Tidur yang Berkualitas

Resolusi selanjutnya agar tubuh tetap sehat dengan membuat tidur lebih berkualitas. Arti dari tidur yang berkualitas adalah tidur yang cukup selama 7- 8 jam dan tidak melakukan kegiatan berada di layar elektronik seperti layar smartphone, TV dan lain sebagainya.

 

Tidur yang cukup akan membuat kekebalan tubuh menjadi meningkat serta mampu menahan nafsu makan yang berlebih. Sedangkan tidur yang tidak menatap layar elektronik sebelumnya juga akan mencegah Anda terjaga saat malam, mencegah kualitas mata menurun, serta mencegah terkena gangguan syaraf di masa mendatang.

4. Lakukan Manajemen Stress

Manajemen stress juga hal yang harus dilakukan untuk membuat kesehatan mental Anda tetap terjaga. Cara yang dapat dilakukan dalam manajemen stress adalah dengan selalu berpikir positif, turunkan ekspektasi, atau dengan menerapkan let if flow yang diartikan membiarkan hidup sebagaimana adanya.

 

Ada juga kegiatan manajemen stress yang dapat dilakukan seperti yoga atau melakukan meditasi. Ingat! Resolusi tahun baru  2021 tidak melulu menjaga kesehatan fisik, tetapi juga harus membuat kesehatan mental tetap baik dan terjaga.

5. Perbanyak Minum Air

Hal kecil yang sering dilupakan adalah dengan meminum air yang cukup di setiap hari. Asupan air yang kurang di dalam tubuh bisa sangat buruk bagi kesehatan.

 

Dengan memperbanyak minum air, Anda akan terhindar dari dehidrasi dan berbagai gangguan kesehatan seperti ginjal, kekurangan tenaga, dan sembelit.

 

Minumlah air setidaknya 3.7 liter untuk pria dan 2.7 liter untuk wanita. Dengan begitu resolusi tahun 2021 untuk tetap sehat menjadi semakin nyata.

Penutup

Salah satu cara yang membuat Anda tetap sehat juga dapat dilakukan dengan membuat kebiasaan yang baik di setiap harinya. Tinggalkan kebiasaan buruk yang mengancam kesehatan entah itu merokok, overthinking, atau menunda-nunda pekerjaan.

 

Dengan melakukan kebiasaan baik, Anda akan lebih bahagia dan tenang dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Di samping itu, kebiasaan baik juga membuat Anda tetap produktif dan dapat memaksimalkan waktu me-time, refreshing atau beristirahat menjadi lebih berkualitas.

 

Itulah kelima resolusi tahun baru untuk tetap sehat di tahun 2021, lakukan aktivitas ini dengan sungguh-sungguh dan semoga Anda dapat menjalankan aktivitas yang telah disebutkan menjadi kebiasaan, sehingga kesehatan fisik dan mental menjadi lebih terjaga.


Tags

Posting Komentar