China Tangkapi Warganya yang Berani Mengkritik Pemerintah

 


Salah satu orang terkaya China, Jack Ma sedang menjadi sorotan. Pasalnya, pendiri raksasa e-commerce Alibaba ini telah menghilang sejak November 2020 usai mengkritik sistem keuangan China.


Hilangnya pebisnis macam Jack Ma, bukan hal yang baru terjadi di China. Beberapa pebisnis juga sempat hilang jejaknya usai mengkritik pemerintah China.


Dilansir Business Insider, Selasa (5/1/2021), Ren Zhiqiang seorang pensiunan konglomerat real estat asal China juga pernah menghilang seperti Jack Ma.


Ren menghilang usai menuduh Partai Komunis yang berkuasa di China salah menangani pandemi virus Corona. Teka-teki kehilangan itu terungkap usai Beijing mengaku menghukum Ren hingga 18 tahun penjara.


Ada juga seorang manajer aset, Xiao Jianhua, yang juga pernah menghilang, dia diculik dari sebuah hotel di Hong Kong pada Januari 2017. Xiao disebutkan menjadi tahanan China, dan negara tersebut menyita sebagian besar perusahaannya, Tomorrow Group.


Pemerintah China menuduh Xiao dan taipan lainnya mengambil calon investor dari pasar saham negara tersebut.


Selain pebisnis, China juga dilaporkan menangkap beberapa kritikus pemerintah atas tanggapannya terhadap pandemi. Salah satunya adalah Xu Zhangrun, seorang profesor hukum, dan Zhang Xuezhong, seorang pengacara hak asasi manusia.


Kemudian, ada juga Meng Hongwei, mantan kepala Interpol yang juga sempat menghilang pada September 2018 dalam perjalanan ke China dari Prancis. Januari lalu, China menghukumnya 13,5 tahun penjara atas tuduhan penyuapan. (dtk)


Bagikan Gratis :


Loading...

Tidak ada komentar