Mantap! Trans Metro Deli Resmi Beroperasi, Ini Rute dan Fasilitasnya


Warga Medan boleh berbangga hati karena Trans Metro Deli atau moda transportasi massal dengan sistem BTS (Buy the Servis) telah resmi beroperasi secara penuh di Kota Medan terhitung 16 November 2020.


 Untuk tahap awal BTS melayani 5 koridor, antara lain Terminal Pinang Baris-Lapangan Merdeka, Terminal Amplas-Lapangan Merdeka, Belawan-Lapangan Merdeka, Tuntungan-Lapangan Merdeka, dan Tembung-Lapangan Merdeka.


Sebagai permulaan, masyarakat tidak dikenakan biaya alias gratis setiap menaiki bus tersebut. Ketika sudah berbayar, maka penumpang harus membawa kartu e-money setiap ingin menaiki bus. Pembayaran dilakukan dengan metode non tunai.


Supir bus Trans Metro Deli, Edino mengatakan setiap bus memiliki dua supir yang bekerja memakai shift.


"Shift pagi itu dari subuh sampai jam 1. Selanjutnya shift dua jam 1 sampai jam 9 malam," katanya.


Sebelum menjadi supir Trans Metro Deli, Edino sempat menjadi supir KUPJ dan mobil pengangkut barang.


"Di sini gak ada beban setoran, cuma bawa penumpang aja, " sebutnya.



Salah satu rute yang diminati penumpang adalah Tembung - Lapangan Merdeka. Diantaranya ada Indah, warga Kecamatan Medan Perjuangan yang ikut merasakan fasilitas Bus BTS rute Lapangan Merdeka Tembung. 


Ia tampak menikmati suasana bus dengan membawa anaknya. Ia sendiri mengetahui info Bus BTS ini dari temannya dan turut mencoba berkeliling kota Medan.


"Ini bareng anak-anak. Kata kawan ada bus baru, pas pula lewat di gang rumah. Yaudah ikut naik lah. Enak busnya, ber AC terus karena masih baru ya nyaman. Bisa juga ini pergi-pergi naik ini," ungkap Indah.


Indah sendiri memiliki tujuan untuk berbelanja ke Pasar Ikan Lama. Ia juga turut senang dengan adanya fasilitas pembayaran gratis membuat dirinya dapat menghemat ongkos.


"Ini tujuannya tadi mau ngajak ke Lapangan Merdeka sekalian mau ke Pajak Ikan. Kan lumayan mumpung gratis jadi hemat ongkos juga," tuturnya.


Bus yang khas dengan warna hijau ini tampak berhenti di tempat-tempat pemberhentian bus seperti halte atau shelter-shelter bus untuk menaikturunkan penumpang.


Rasa senang juga turut menghampiri Dinda, warga Kecamatan Medan Amplas ini baru saja menaiki bus BTS untuk keperluan berbelanja.


"Enak busnya, terus karena mungkin belum terlalu ramai juga kan dibatasi jadi suasananya gak sumpek. Ya udah lama banget gak naik bus sih, karena kan udah ada kendaraan. Cuma kalau busnya seperti ini boleh deh sekali-sekali naik ini," ujarnya.


Dalam pengoperasian perdananya, Bus BTS memberlakukan secara gratis bagi para penumpang hingga bulan Desember mendatang.  (mbd/trb)


Bagikan Gratis :


Loading...

Tidak ada komentar