Demi Kesehatan Mental, Para Ibu Disarankan Hang Out Bareng Teman Baik Seminggu Dua Kali

Demi Kesehatan Mental, Para Ibu Disarankan Hang Out Bareng Teman Baik Seminggu Dua Kali

Menjadi ibu rumah tangga tidaklah semudah yang para suami bayangkan. Mulai dari mengurus anak, rumah hingga suami, membutuhkan tenaga dan pikiran ekstra setiap harinya.

Untuk itu, bagi anda yang memilih menjadi ibu rumah tangga, setidaknya butuh dua hari dalam seminggu untuk nongkrong (hang out) bareng teman anda. Hal ini berdampak sangat positif bagi kesehatan mental istri.

Riset terbaru membuktikan hangout bareng sahabat atau teman bermanfaat untuk kesehatan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford, bersantai dengan sahabat setidaknya dua kali dalam seminggu baik untuk kesehatan mental dan fisik.

Dan orang yang mempunyai banyak teman cenderung tidak sering jatuh sakit, mereka diketahui lebih cepat sembuh bahkan setelah mereka menjalani operasi.

"Angka dua kali seminggu berasal dari temuan kami bahwa ini adalah jumlah waktu yang biasanya kamu habiskan bersama sahabat atau keluarga terdekat," kata profesor psikologi evolusi Dr. Robin Dunbar kepada Huffington Post.

"Memiliki jaringan sosial yang besar dan terintegrasi dengan baik memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan fisik dan emosional," tambahnya.

"Ada kualitas dalam persahabatan yang bisa kita anggap sebagai teman yang sangat dekat, teman dekat, teman baik atau hanya sekadar teman," ucap Dunbar.

 "Dan ini mencerminkan seberapa sering kebersamaan dan kontak terjadi (mulai dari beberapa kali dalam seminggu sampai setahun sekali). Dalam konteks ini, kita berbicara tentang orang-orang yang kita dengan senang hati untuk menginvestasikan waktu melihat dan bertemu mereka, mereka yang pertamakali bersedia membantu kamu ketika mengalami kesulitan," tambahnya.

Inti dari riset Dunbar ini, milikilah teman dalam hidup ini. Manusia bisa mengatasi stres dengan lebih baik ketika mereka mengetahui bahwa mereka memiliki teman-teman untuk berbagi cerita.

"Dan kunci untuk mempertahankan persahabatan yang kuat adalah bertemu dua kali seminggu serta melakukan hal-hal yang menyenangkan dengan orang yang paling dekat denganmu," sarannya. (bbs)

Bagikan Gratis :


Loading...