Xi Jinping : Tak Ada Kekuatan yang Bisa Hentikan China... Virus Corona pun Muncul


Presiden China Xi Jinping pernah sesumbar. Dalam pidatonya memperingati HUT ke-70 RRC atau Hari Nasional China di bawah pemerintahan Partai Komunis Tiongkok, ia mengatakan bahwa tidak ada kekuatan yang dapat menghentikan perkembangan Tiongkok, Selasa 1 Oktober 2019.

"Tidak ada kekuatan yang dapat mengguncang pondasi negara besar ini," kata Xi dalam naskah pidato berbahasa Mandarin, yang diterjemahkan secara resmi oleh media pemerintah, dikutip dari CNBC, Selasa (1/10/2019).

"Tidak ada kekuatan yang bisa menghentikan orang-orang China dan bangsa China untuk terus maju," lanjutnya.

Setelah 3 bulan pernyataan tersebut, China diguncang virus Corona.

Virus corona telah membuat ketidakpastian di China. Pasalnya penyebaran virus bertepatan dengan liburan Tahun Baru Imlek - yang biasanya akan mendorong perjalanan, belanja, dan pemberian hadiah.

Stasiun kereta api dan bandara menjadi sepi. Karena para penumpang langsung merubah rencana perjalanan meskipun ada libur selama sepekan.

Masalah yang paling krusial sebenarnya adalah bagaimana nasib ekonomi Negeri Panda ini. Pertumbuhan China pada tahun 2003 sempat anjlok selama puncak epidemi SARS.

Namun pulih kembali ketika perusahaan-perusahaan global membangun pabrik-pabrik China dan mengekspor lebih banyak barang di luar negeri.

Sekarang? Ekonomi China memang sudah tumbuh lebih besar dibanding 2003, tetapi saat ini China sedang mengalami perlambatan pertumbuhan paling buruk dalam tiga dekade terakhir.

Perang dagang dengan Amerika Serikat (AS) menjadi pemicunya dan desakan agar pemerintah melepas ketergantungan perusahaan lokal pada pinjaman.

Jika dihitung dari jumlah korban, virus corona saat ini tampaknya kurang mematikan dibandingkan SARS, tetapi sulit dideteksi. Meski sudah membatasi perpindahan dari Wuhan, banyak orang sudah berangkat untuk perjalanan liburan mereka.

"Ini akan tergantung pada bagaimana China terus transparan dengan komunitas internasional," kata Peter Levesque, Managing Director Modern Terminal, operator pelabuhan di Hong Kong. "Hanya itu yang bisa diminta oleh semua bisnis. Sisanya tidak diketahui. "

Wuhan sangat penting untuk perdagangan di wilayahnya di China. Kota ini adalah pusat transportasi nasional utama dan telah menjadi pusat pembuatan mobil, dengan pabrik yang membuat mobil untuk General Motors, Honda dan banyak lainnya, serta puluhan pembuat suku cadang mobil. (cnbc)


Bagikan Gratis :


Loading...