Presiden Ingatkan Menteri PUPR : Jangan Cuma Bangun Jalan Tol

Presiden Ingatkan Menteri PUPR : Jangan Cuma Bangun Jalan Tol

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono agar tak selalu mengurus pembangunan infrastruktur berupa jalan tol. Jokowi meminta Basuki juga membangun infrastruktur lain, seperti di bidang kesehatan dalam bentuk rumah sehat.

"Tadi Pak Menteri PU ikut kita, sayangnya enggak ikut di sini. Mau saya perintah rumah-rumah yang sehat segera dikerjakan. Terutama di Provinsi Jawa Barat," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara 'Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030', yang digelar di Cimahi Techno Park, Cimahi, Jawa Barat, Rabu, 29 Januari 2020.

Untuk menjamin kesehatan masyarakat, kata Jokowi, seluruh pihak harus terlibat. Artinya tugas ini tak hanya dibebankan pada Kementerian Kesehatan.

Kementerian PUPR pun, menurut Jokowi, bisa ikut terlibat dengan menjalankan program seperti penyediaan air bersih hingga penyediaan ventilasi untuk penyinaran yang cukup di rumah-rumah. 

"Jadi kesehatan masyarakat itu juga urusan menteri PUPR, dinas PU," ucapnya.

Jokowi juga menegaskan, dengan begitu Kementerian PUPR tidak hanya bertugas membangun infrastruktur seperti jalan ataupun jalan tol. 

"Bukan hanya ngurusin jalan, bukan hanya ngurusin jalan tol. Masalah drainase, sampah, rumah yang sehat itu sangat penting," katanya.

Nantinya, Jokowi mengatakan rumah sehat ini fokusnya bukan hanya pengobatan. Mereka juga harus bisa menjalankan fungsi pencegahan. Ia menilai dalam perkembangan perkotaan hingga pedesaan, kehadiran  rumah sehat itu menjadi kunci.

"Kita harapkan seluruh masyarakat kita, masyarakat Indonesia dalam rangka pembangunan SDM ke depan, SDM unggul sebagai prioritas utama 5 tahun ke depan, sehat semuanya," ujar Jokowi. (tmp)


Bagikan Gratis :


Loading...