Risma Dielu-elukan di Turki, Erdogan : Beliau Perempuan Inspiratif


Keberhasilan Wali Kota Tri Rismaharini dalam memimpin serta membangun Surabaya menginspirasi dunia. Terbaru, ia menjadi inspirator perempuan-perempuan di Turki.

Bahkan, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut Risma sebagai perempuan inspiratif. Pujian itu disampaikan Erdogan dalam International Forum of Women in Local Government di Ankara, Turki, 11-12 Desember 2019.

Kegiatan tersebut diselenggarakan partai politik yang didirikan dan saat ini masih dipimpin oleh Erdogan. Dalam forum itu, Risma menjadi narasumber dan tamu kehormatan.

"Perempuan-perempuan inspiratif seperti Risma dari Surabaya, Indonesia menambah keyakinan kita bahwa perempuan harus dilibatkan dan diajak bicara dalam proses pembangunan," kata Presiden Erdogan dalam sambutannya, seperti pada rilis yang diterima detikcom, Jumat (13/12/2019).

Forum internasional itu digelar sebagai upaya Erdogan untuk mengarusutamakan peran perempuan di berbagai sektor. Termasuk dalam politik. Saat ini, dari 600 anggota parlemen Turki, hanya 103 orang perempuan. Dari 1.389 wali kota, hanya sekitar 3 persen wali kota perempuan. Pada masa kepemimpinan Erdogan, terjadi peningkatan signifikan jumlah perempuan yang aktif di ranah publik, meskipun disadari jumlahnya masih jauh dari harapan.

Forum itu dihadiri para tokoh perempuan dari sekitar 20 negara. Risma diundang sebagai tamu kehormatan karena dipandang berhasil sebagai Wali Kota Surabaya dan berhasil menjadi inspirasi bagi banyak perempuan, termasuk di Turki.

Duta Besar RI di Ankara Lalu Muhamad Iqbal menjelaskan, kehadiran Risma di Turki memang permintaan dari para pemimpin politik di Turki. Mereka meminta bantuan Lalu untuk menghadirkan Risma ke forum tersebut. (detik)

Bagikan Gratis :


Loading...

Tidak ada komentar