News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

MUI Sumut Buka Suara, Bolu Meranti Belum Penuhi Syarat Standar Jaminan Halal

MUI Sumut Buka Suara, Bolu Meranti Belum Penuhi Syarat Standar Jaminan Halal


Setelah sebelumnya dihebohkan dengan tidak ditemukannya label halal di kotak Bolu Meranti, warga Medan kembali dikejutkan dengan pernyataan MUI Sumut. 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut mengaku bahwa produk Bolu Meranti belum memenuhi syarat standar jaminan halal. Karena itu, MUI belum mengeluarkan sertifikasi halal untuk produk tersebut.

Hal tersebut langsung disampaikan Prof. Dr. Ir. Basyaruddin MS, Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut.

Basyaruddin, mengaku pihaknya belum ada mengeluarkan sertifikasi halal untuk Bolu Meranti, meskipun pengajuan label halal tersebut sudah diajukan pada April 2019.

"Mereka ada mengurus ke MUI Sumut, tapi sampai hari ini belum ada dikeluarkan sertifikat halalnya. Karena mereka (pengusaha Bolu Meranti) belum memenuhi standar jaminan halal yang kami minta," ujar Basyaruddin seperti dilansir dari Waspada.id.

Menurut Basyaruddin, manajemen Bolu Meranti mengajukan pengurusan label halal pada tiga bulan yang lalu. Tapi karena ada hal yang belum mereka penuhi dan sempurnakan untuk perlengkapan halal tersebut, makanya rekomendasi sertifikat belum dikeluarkan.

"Hal-hal itu sangat teknis dan harus dilengkapi. Halal itukan banyak syaratnya, apalagi mereka non muslim, jadi harus kita perketat, agar produk yang dihasilkan benar-benar terbebas dari kontaminasi hal yang tidak halal," katanya. (wsp)

Tags

Posting Komentar