News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wakil Ketua DPRD Medan Rajuddin Sagala Layak Jadi Calon Wali Kota Medan

Wakil Ketua DPRD Medan Rajuddin Sagala Layak Jadi Calon Wali Kota Medan


 

Medan - Sejumlah kader PKS dinilai layak untuk bertarung di Pilwakot Medan 2024. Salah satunya Wakil Ketua DPRD Medan Rajuddin Sagala.

Sekretaris Dewan Pakar PKS Kota Medan Rudiawan Sitorus mengatakan, jika pihak akan mempersiapkan seleksi calon di internal partai pada April mendatang. PKS sebagai partai pemenang nomor dua akan siap bertarung di Pilwakot Medan 2024.

"PKS tentunya sebagai partai pemenang nomor 2 setelah PDIP, tentunya kita memberikan persiapan untuk menyiapkan kader-kader terbaik PKS untuk menjadi wali kota atau wakil wali kota nantinya dalam pemilihan umum internal, setelah itu digodok di tim seleksi calon kepala daerah, setelah baru muncul siapa calonnya," kata Rudiawan Sitorus, Senin (25/3).

Meskipun tahapan seleksi belum dimulai, Rudiawan menyebutkan sudah ada 3 kader yang berpotensi maju di Pilwakot Medan. Seperti Salman Alfarisi yang saat ini terpilih sebagai anggota DPRD Sumut dari dapil 1.

"Tapi sampai sekarang, saya melihat ada 3 kader PKS yang memiliki potensi menjadi wali kota atau wakil wali kota. Yang pertama itu ustad Salman Alfarisi yang dulunya pernah dicalonkan juga menjadi calon Wakil Wali Kota Medan, sekarang dia memperoleh suara terbanyak di dapilnya sekitar 51 ribu suara, artinya separuh Kota Medan dia sudah memperoleh 51 ribu suara," sebutnya.

Selain itu, ada juga anggota DPR RI saat ini dari dapil Sumut 1 Hidayatullah. Hidayatullah memperoleh 53 ribu suara untuk di Medan saja di Pileg 2024, meskipun tidak lolos kembali ke Senayan.

"Begitu juga ada ustad Hidayatullah, beliau suara all Kota Medan beliau memperoleh 53 ribu lebih suara, ini juga potensi untuk dicalonkan menjadi wali kota atau wakil wali kota," ucapnya.

Sosok yang ketiga yang dinilai berpotensi adalah Wakil Ketua DPRD Medan saat ini, Rajuddin Sagala. Rajuddin terpilih kembali sebagai anggota DPRD Medan periode 2024-2029.

"Yang ketiga ada ustad Rajuddin Sagala di 4 kecamatan beliau memperoleh suara 17 ribu, kalau saja 17 ribu ini dibagi 4 maka ada 4 ribu suara per kecamatan di kali 21 kecamatan, maka ustad Rajuddin Sagala memiliki potensi 84 ribu suara dan berpotensi untuk dicalonkan," ujarnya.

Rudiawan menjelaskan jika ketiga kader PKS tersebut memiliki pengalaman dan track record yang baik. Sehingga ketiga namanya itu dinilai pantas untuk diusung di Pilwakot Medan.

"Artinya tiga orang ini memiliki track record yang luar biasa baik, pengalaman di pemerintahan juga baik sangat mempuni dan orang-orang saleh insyaallah, maka ini sangat layak ditampilkan di publik dan kemudian publik nanti akan menilai dan menentukan pilihannya, walaupun semua itu tergantung hasil musyawarah DPD PKS Kota Medan yang nantinya akan diajukan ke pusat," jelasnya.

PKS sendiri memperoleh 8 kursi di DPRD Medan hasil Pileg 2024, artinya PKS membutuhkan minimal 2 kursi lagi untuk bisa mengusung calon di Pilwakot Medan. Rudiawan menuturkan jika PKS akan terus melakukan penjajakan koalisi dengan seluruh partai yang lolos ke DPRD Medan.

"Sampai sekarang PKS itu tetap membuka komunikasi dan siap berkoalisi dengan partai mana pun, karena di daerah tidak ada oposisi, di daerah amanat dari Presiden partai kita disuruh bekerjasama, berkoalisi, membuka ruang untuk sama-sama berkolaborasi untuk semua partai," tandasnya. (ali)

Tags

Posting Komentar