News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Haris Kelana Siap Kolaborasi Realisasikan Kesepakatan Raker DPRD

Haris Kelana Siap Kolaborasi Realisasikan Kesepakatan Raker DPRD



Medan - Melalui rapat kerja (raker) DPRD Medan 16-17 Juli 2023 telah mengidentifikasikan dan disepakati sejumlah program yang menjadi fokus dan prioritas untuk dikerjakan Tahun 2024. 

Ketua Komisi IV DPRD Medan Haris Kelana Damanik ST MH mengaku siap mendukung dan berkolaborasi kepada seluruh stakeholder guna mewujudkan seluruh program upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Medan.

"Kita apresiasi progres program pembangunan Walikota Medan (red_Bobby Afif Nasution) untuk peningkatan pembangunan Kota Medan," ujar Haris Kelana.

Seiring dengan itu kata Haris asal politisi Gerindra itu, kolaborasi hasil Raker dengan program Walikota Medan Bobby Afif Nasution perlu ditingkatkan dan ditindaklanjuti. "Saya selaku Ketua Komisi IV bersama teman teman akan bekerjasama guna pencapaian target maksimal yang disepakati di Raker," paparnya. 

Adapun kesepakatan hasil Raker yang menjadi fokus target kerja tahun 2024 yakni

1. Upaya penuntasan Rancangan Peraturan Daerah. Terkait hal ini, DPRD Medan sepakat untuk perlu mengambil langkah konkret melalui program pembentukan Perda yang komprehensif dan kolaboratif dengan Pemerintah Kota Medan.  Melalui perangkat daerah dan berbagai pihak, sehingga menghasilkan Perda yang berkualitas dengan tepat waktu.

2. Mempercepat realisasi dan meningkatkan kualitas penyerapan APBD Kota Medan TA 2024. Penggunaan anggaran dengan efisien, efektif, ekonomis, transparan, dan akuntabel. Meningkatkan tata kelola keuangan dan barang milik daerah yang baik dan tepat serta melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan penyerapan APBD sekaligus mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

3. Mendorong Pemko Medan mencapai kota Smart City yang maju dan inovatif, didukung perencanaan yang matang. Mengembangkan teknologi inovatif dan infrastruktur digital yang memungkinkan terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang efektif. Pelaksanaan perizinan yang mudah dan cepat, serta pelayanan publik yang terintegrasi dengan baik.

4. Mendorong peningkatan indeks inovasi daerah. DPRD berharap Medan menjadi “kota terinovatif” dengan berbagai inisiatif dan terbukanya kesempatan yang menstimulasi kreativitas dan kolaborasi antara sektor publik, swasta dan masyarakat.

5. Dalam upaya optimalisasi kinerja dewan, kita mendukung pengembangan sistem dan teknologi, khususnya aplikasi yang telah dibangun di sekretariat DPRD Kota Medan yaitu “smart-wan”untuk mengakselerasitata kelola pemerintahan yang baik, responsif, dan transparan. Memastikan terselenggaranya rangkaian aktivitas kerja wakil rakyat secara paripurna, dan keterlibatan masyarakat dalam proses pembuatan kebijakan publik melalui layar interaktif aspirasiyang baru saja diluncurkan.

6. Mendorong penyempurnaan tata kelola pemerintahan yang lebih baik, melalui penyempurnaan mekanisme pengawasan, serta penerapan manajemen risiko.

7. DPRD berkomitmen  menyukseskan terselenggaranya pesta demokrasi tahun 2024 baik pileg maupun pemilihan kepala daerah.

8. Bergerak berkolaborasi untuk mencapai target investasi daerah sebagaisalah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi.

9. DPRD Medan berkomitmen untuk menjaga konsistensi pertumbuhan ekonomi dan melakukan pengendalian laju inflasi di Kota Medan. Dalam upaya ini, DPRD mendukung dan membantu pemerintah kota medan dalam pengendalian laju inflasi perkotaan dan menjaga konsistensi pertumbuhan ekonomi di Kota Medan. (ali)

Tags

Posting Komentar