News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemkab Tapteng Laksanakan Sosialisasi dan Komitmen Bersama Bunda PAUD

Pemkab Tapteng Laksanakan Sosialisasi dan Komitmen Bersama Bunda PAUD



Medankinian.com, Pandan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Tapanuli Tengah (Tapteng) melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Tapteng laksanakan sosialisasi dan komitmen versama Bunda PAUD di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Tapteng, Senin (26/06/2023). 


Kegiatan yang dihadiri PJ Bupati Tapteng Elfin Elyas bersama Ketua TP PKK Tapteng Ny. Chaterine Elfin Elyas yang juga sebagai Bunda PAUD Kabupaten Tapteng 

dilaksanakan dengan Tujuan untuk mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di Kabupaten Tapteng. 


Bunda PAUD Kabupaten Tapteng Ny Dr Chaterine Elfin Elyas dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dalam gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan adalah gerakan bersama yang mendasari transisi peserta didik PAUD ke SD dengan cara yang menyenangkan dan dimulai sejak Tahun Ajaran Baru 2023/2024. Tiga hal target perubahan yang kita lakukan dalam pelaksanaan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan yaitu pertama menghilangkan tes Calistung (baca, tulis dan berhitung) dari proses penerimaan peserta didik baru di SD, kedua menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama (di PAUD dan SD), yang ketiga menerapkan pembelajaran yang membangun 6 kemampuan pondasi anak, yang mana ke enam pondasi kemampuan anak tersebut yaitu 1 mengenal nilai agama dan budi pekerti,  keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi, kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar,  kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar,  pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan belajar secara mandiri, pemaknaan belajar adalah suatu hal yang menyenangkan dan positif. 


Selain Dinas Pendidikan, Bunda PAUD Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan,

Chaterine bilang, juga sangat berperan penting dalam menyebarluaskan pemahaman penerapan gerakan transisi PAUD - SD yang menyenangkan. Dengan memahami program Merdeka belajar ke-24 transisi PAUD SD yang menyenangkan, dengan menyamakan persepsi bahwa belum bisa membaca saat masuk SD bukan merupakan suatu kebodohan atau ketertinggalan namun, sebuah proses yang akan dijalani nantinya oleh anak-anak kita. 


"Maka dari itu anak-anak perlu mendapat kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik secara fisik, mental, kognitif, spiritual maupun sosial dan harus dilakukan dalam bentuk pengasuhan yang optimal dan berjenjang. Saya berharap Bunda PAUD Kecamatan dapat menginformasikan atau mensosialisasikan program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan kepada seluruh Bunda PAUD Kelurahan/Desa dan masyarakat, untuk dapat merubah miskonsepsi dan memberi pemahaman kepada seluruh orang tua masyarakat tentang program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini. Mari kita berkolaborasi dan bekerja sama dalam mendukung dan mensukseskan program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini," ujar Chaterine.


PJ Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas dalam sambutannya menyampaikan, dalam Dunia pendidikan sekarang ada yang disebut dengan Merdeka Belajar. Ini terbentuk karena banyaknya informasi yang didengarkan oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarim yang mana banyak anak anak itu merasa tidak merdeka dalam belajar. 


"Bahwa kita harus lebih banyak mendengar karena orang yang mendengar lebih bijak dari pada orang yang lebih banyak untuk berbicara. Belajarlah untuk mendengar karena kita ditugaskan oleh pemerintah untuk mendengar keluhan dari masyarakat, sehingga kita tahu problem yang terjadi dan akan kita tahu cara mengatasinya," tuturnya. 


"Saya mengucapkan terimakasih buat bapak ibu Guru, para tenaga pendidik dan pengajar dimanapun berada, karena tanpa upaya yang dilakukan oleh Bapak Ibu, Visi Misi saya tidak ada artinya. Kita ini hanya tanah yang diberi nyawa oleh Tuhan, jadi jangan berusaha menjadi langit, agar kita bisa merasakan apa yang dirasakan saudara saudara kita. Kita harus bisa merasakan apa yang dirasakan murid murid kita, sehingga kita bisa melakukan pendidikan dan pengajaran yang baik. Karena para murid ini yang akan melanjutkan negeri ini, apabila kita salah dalam mendidik maka akan hancur lah negeri ini." Tambahnya lagi.


Jadi yang harus kita lakukan dengan cara  melakukan pendidikan yang menyenangkan menjadi tahap pertama, saya ingin menyampaikan ungkapan dari Ki Hajar Dewantara " Pendidikan itu hanya suatu tuntunan dalam tumbuhnya anak anak kita". Anak anak itu sebagai makhluk hidup, manusia dan benda hidup, sehingga mereka hidup dan tumbuh menurut kodratnya sendiri tenaga pendidik tinggal membimbing dan mengarahkannya sehingga berkepribadian yang berakhlak dan berbudi pekerti. 


Turut Hadir Kadis Pendidikan Kabupaten Tapteng, Koordinator Penjaminan Mutu Pendidikan BPMP Wilayah Kabupaten Tapteng, Oenanggung jawab Pokja Bunda PAUD Tapteng, Ketua Pokja Bunda PAUD Tapteng,  Para Bunda PAUD Kecamatan se-Kabupaten Tapteng, para Tim Pokja Bunda PAUD Tapteng, serta para Undangan lainnya. (red/mk)

Tags

Posting Komentar