News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Komisi 4 DPRD Medan Gelar RDP, Sepakat Tutup Pabrik Beton di Kelurahan Tanjung Selamat

Komisi 4 DPRD Medan Gelar RDP, Sepakat Tutup Pabrik Beton di Kelurahan Tanjung Selamat

Suasana RDP Komisi 4 DPRD Medan dengan Dinas Perkim dan warga.

Medan - Komisi 4 DPRD Medan menyepakati aspirasi sejumlah masyarakat yang menolak keberadaan pabrik batching/beton di Lingkungan VIII Jalan Flamboyan Raya Kelurahan Tanjung Selamat, Medan Tuntungan. Hal itu terungkap dalam rapat dengar pendapat Komisi 4 di DPRD Medan, kemarin.

Rapat dipimpin Ketua Komisi 4 DPRD Medan, Haris Kelana Damanik dan anggota Komisi 4 lainnya. Turut hadir juga Kadis DPKPPR Kota Medan, Endar Lubis, Camat, Lurah, perwakilan masyarakat Lingkungan VIII Jalan Flamboyan Raya dan Kepling VIII.

Haris Kelana Damanik mengatakan, saat dimintai kelengkapan izin pendirian bangunan, perusahaan selalu mengaku sudah lengkap, sementara ketika di cek di lapangan, ternyata belum memiliki izin lengkap.

"Di sini kita sayangkan tidak adanya koordinasi pihak kelurahan, kecamatan termasuk juga pihak Perkim dan Satpol PP sehingga akhirnya warga mengadukan permasalahannya ke DPRD Medan," terang Harris.

Anggota Komisi 4 lainnya Daniel Pinem mengaku sering melintas di Jalan Flamboyan Raya. Diakuinya sejak keberadaan pabrik beton milik PT Putra Raiandra Energi telah menimbulkan kemacetan panjang apalagi ketika ada pekan di pasar Melati.

Kadis Perumahan Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Medan, Endar Sutan Lubis menerangkan, telah mengeluarkan surat peringatan pertama (SP-1) kepada perusahaan tersebut.

"'Saya tegaskan pada PP No. 16 Tahun 2021 tidak ada dikatakan boleh membangun tanpa ada keluar PBG. Tujuan PBG bukan hanya urusan retribusi. PBG itu untuk mengatur letak bangunan atau tata ruang kota agar estetikanya lebih teratur. Sepanjang persyaratan tidak memenuhi tidak akan keluar PBG nya. Dan untuk pabrik beton tersebut sebaiknya jangan ada dahulu aktifitas apapun sebelum dikeluarkan izinnya," terang Endar. (ali)

Tags

Posting Komentar