News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Info Terbaru Penerimaan PPPK 2022, Baca Detailnya di Sini...

Info Terbaru Penerimaan PPPK 2022, Baca Detailnya di Sini...

 


Pendaftaran rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) Guru tahun 2022 telah resmi dimulai.

Pendaftaran seleksi PPPK untuk Tenaga Guru berlangsung secara online melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) milik Badan Kepegawaian Negara (BKN), https://sscasn.bkn.go.id.

Disadur dari laman resmi BKN, pendaftaran PPPK Guru untuk pelamar prioritas 1, 2, 3 (P1, P2, P3) dan P4/umum dibuka sampai dengan 13 November 2022.

Seleksi administrasi akan berlangsung hingga 15 November mendatang, dengan pengumuman hasil seleksi administrasi untuk P1, P2, P3, dan pelamar umum berlangsung pada 16-17 November 2022.


Kategori pelamar PPPK Guru 2022

Pelamar prioritas 1 (P1) merupakan peserta yang telah mengikuti seleksi PPPK untuk JF Guru Tahun 2021 dan telah memenuhi nilai ambang batas.

Sementara itu, pelamar prioritas 2 (P2) adalah pelamar yang terdata dalam database BKN sebagai eks Tenaga Honorer K-II (TH K-II) yang tidak termasuk dalam Prioritas I.

Untuk pelamar prioritas III (P3) terdiri dari guru non-ASN yang tidak termasuk dalam guru non-ASN kategori pelamar prioritas I di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dan memiliki keaktifan mengajar minimal 3 tahun atau setara dengan 6 semester pada Dapodik.

Sedangkan pelamar umum (P4) adalah lulusan PPG yang terdaftar pada database kelulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Kemendikbudristek dan/atau pelamar yang terdaftar di Dapodik.

Seleksi PPPK Guru AKAN menggunakan UNBK Kemendikbud, di mana data akan terenskripsi dalam sistem pengolahan data SSCASN.

Apabila hasil pengolahan nilai memenuhi passing grade atau nilai ambang batas beserta afirmasinya, maka akan ditandatangani secara digital menggunakan digital signature dan dapat didownload serta diumumkan oleh masing-masing instansi.


Wajib registrasi di SSCASN

Perlu diketahui, pada SSCASN tahun 2022, seluruh pelamar yang sudah terdaftar tahun 2021 dan sebagai prioritas maupun yang belum mendaftar pada tahun 2021, tetap melakukan registrasi sampai menyelesaikan pendaftaran hingga 13 November 2022.

Dalam hal formasi jabatan bagi P1 yang tidak mendapatkan penempatan, maka dimungkinkan bagi P1 turun status dengan melakukan verifikasi dan validasi ijazah yang melihat linieritas mata pelajaran dan ijazah serta ketersediaan formasi pada jabatan yang baru, maka P1 dapat menjadi P2, P3, atau P4/pelamar umum.

Prioritas P2 dan P3 akan dilakukan mekanisme seleksi observasi setelah Kemendikbud melakukan residu pada data P1.

Khusus untuk pelamar P4/pelamar umum, dapat memilih formasi setelah P2 dan P3 selesai melakukan observasi dan ketersediaan formasi dari P2 dan P3. Apabila formasi sudah terpenuhi oleh P2 dan P3, maka P4 tidak dapat melanjutkan pendaftaran. (kmp)

Tags

Posting Komentar