News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Siap-siap! Vaksin Booster Khusus Omicron Bakal Keluar Agustus 2022

Siap-siap! Vaksin Booster Khusus Omicron Bakal Keluar Agustus 2022

 


Kabar baik datang soal Omicron. Vaksin penguat (booster) khusus varian Covid-19 ini kemungkinan siap dari Moderna, di pasar Agustus 2022.

Hal ini ditegaskan kepala eksekutif perusahaan pembuat vaksin Covid-19 itu, Stephane Bancel. Saat ini perusahaan masih mengumpulkan data klinis untuk menentukan apakah vaksin menawarkan perlindungan lebih baik dari suntikan yang sudah ada.

"Kami percaya booster akan dibutuhkan. Saya belum tahu apakah itu akan menjadi vaksin hanya untuk Omicron atau bivalen, di mana ada dua mRNA dalam satu dosis," katanya kepada Reuters, Kamis (17/2/2022).

Uji klinis sudah dilakukan Moderna sejak Januari. Tapi, hasil penelitian awal pada monyet menunjukkan suntikan mungkin tidak menawarkan perlindungan yang lebih kuat daripada dosis baru vaksin yang ada.

Ia juga mengatakan Moderna juga tengah menyiapkan vaksin baru untuk melindungi dari Covid-19, flu sekaligus penyakit pernapasan lainnya. Kemungkinan vaksin akan siap Agustus 2023.

Harga vaksin tak jauh berbeda dari saat ini. Menurut UNICEF, harda vaksin Moderna berbeda tipe wilayah di dunia, dari US$15 hingga US$37.

Moderna telah mengirimkan 800 juta suntikan vaksin Covid-19 untuk global di 2021. Selain Covid-19, Moderna mengembangkan obat untuk kanker, kardiovaskular, dan penyakit genetik langka. (CNBC)

Tags

Posting Komentar