News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Waduh!!! Gajah di Medan Zoo Lepas dan Masuk ke Areal Pertanian Warga

Waduh!!! Gajah di Medan Zoo Lepas dan Masuk ke Areal Pertanian Warga

 

Gajah medan zoo lepas

Satu ekor gajah penghuni Medan Zoo sempat lepas dari kandangnya. Gajah bernama Siti berumur 55 tahun itu lepas dan lari hingga ke areal pertanian milik warga.

Kaur Kesehatan Hewan dan Konservasi Medan Zoo, dr Yona Dumaica, menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada Selasa 30 Maret 2021. Di mana, gajah tersebut lepas dari ikatannya.

"Lepas dari ikatannya sih, dia (gajah) memang dia kan jalan-jalan, karena kan sendirian, kalau malam itu mungkin ada bosen atau bagaimana, pengen jalan-jalan, narik-narik ikatan rantai sampai putus. Karena dia memang biasa main di pinggiran sungai tempat dia mandi, jadi kesitu (larinya)," jelas dr Yona, Rabu (31/3/2021).

Bukan hanya mandi ke sungai, gajah berbobot 3 ton itu sampai menyebrang ke areal pertanian milik warga."Di belakang areal kita kebetulan ada ladang warga, yang dia lewati tempat dia makan, mungkin karena sudah bosan ada buah lain, jadi lompat kesebelah. Sebenarnya tidak jauh, masuk ke ladang warga 50 meter dari tempat kami," ungkapnya.

Untuk mencari keberadaan gajah yang lari itu, diakuinya tidaklah sulit. Petugas penjaga dengan mudah melacak dari jejak yang dilaluinya.

"Ketahuan lepas pagi, lepas baru, warga pagi kebetulan ke ladang dan sekuriti kita patroli sekitar setengah 7, kan mengecek kandang. Sebelum petugas kita masuk gajah gak kelihatan. Mereka melapor kebetulan petugas gajah langsung datang, langsung menyusuri jejaknya, mengarah ke pinggiran sungai. Pas kita tanya warga, ada dibantu warga diikat, kebetulan lepas sama rantainya. Jadi warga bantu mengikatkan," bebernya.

Evakuasi gajah, dibilang dr Yona, berjalan mudah. Bahkan, warga yang kebetulan melihat langsung mengikat kembali.

"Evakuasi sebentar, jemput langsung dibawa balik, yang namanya gajah ke ladang orang, warga agak heboh melihat gajah main ke tempat mereka. Ada tanaman yang terinjak," bebernya. (mbd)

Tags

Posting Komentar