News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Langkat Membara! 9 Rumah Ludes Terbakar di Sei Bilah

Langkat Membara! 9 Rumah Ludes Terbakar di Sei Bilah



Sembilan unit rumah warga di Jln.Sei Bilah, Lingkungan III, Kel.Sei Bilah, Kec.Sei Lepan, Kab. Langkat, ludes dilalap api, Sabtu (13/03/2021), sekira pukul 03.00 Wib dini hari.


Informasi yang diterima Posmetro-Medan.com, sumber api berasal diduga akibat kelalaian salah seorang pemilik rumah yang mengalami gangguan jiwa atas nama Arfan.


Kapolsek Pkl.Brandan, AKP P.S Simbolon, SH, memaparkan, bahwa dalam musibah kebakaran tersebut ada sekitar 9 unit rumah warga yang terbuat dari bahan material kayu/papan, ludes terbakar.


Ke-9 pemilik rumah yang ludes tersebut yakni : Arfan, Syahril, Sarifah, M.Amin, Sofian, Jaitun, Khairani, Ismail dan Rahmad Agustian.


Kapolsek Pkl.Brandan, AKP P.S Simbolon, SH, memaparkan bahwa kronologis peristiwa tersebut diketahui pada Sabtu (13/03/2021) sekira pukul 03.00 wib ada laporan dari masyarakat telah terjadi kebakaran rumah.


Informasi tersebut menyebutkan jika sumber awal api penyebab kebakaran tersebut berasal dari rumah salah seorang warga bernama Arfan yang selama ini tinggal seorang diri rumah tersebut.


Berdasarkan informasi dan keterangan warga korban atas nama Arfan ini diketahui mengalami gangguan jiwa dan kebiasaan setiap tidur malam memasang obat nyamuk bakar yang berlebihan. Diduga akibat kelalaian korban tersebut, obat nyamuk bakar menempel di dinding rumahnya yang terbuat dari kayu dan tanpa disadari membakar rumah yang kondisi bangunan rumahnya terbuat dari papan kayu beratap seng.


Api dengan mudah merembet dan menyambar ke rumah tetangganya yang rapat dan material bangunannya terbuat dari papan serta mudah terbakar.


"Api dengan cepat menyambar ke rumah-rumah bersebelahan dikarenakan posisi rumah yang terbakar sebanyak 9 unit itu dengan jarak berdekatan, dan bahan bangunan rumah yang terbakar terbuat dari bahan kayu papan," ujarnya.


Api dapat dipadamkan sekitar 2 jam atau sekitar pukul 05.00 wib setelah 6 unit mobil pemadam kebakaran berjibaku memadamkabmn api.


6 unit mobil pemadam tersebut 3 unit diantaeanya dari Dinas Pemadam Pemkab Langkat, dari Pemadam PT.Pertamina Pkl.Berandan 2 unit dan 1 unit dari pemadam kebakaran Pertamina Pkl.Susu.


Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran itu. Namun kerugian ditaksir mencapai Rp400 juta.


Tampak personil Polsek Pkl.Berandan dipimpin langsung oleh Kapolsek Pkl.Berandan, AKP P.S Simbolon, SH melakukan cek dan amankan TKP serta barang bukti.


Petugas juga melalukan pendataan para saksi dan dokumentasi Kejadian, serta mengmankan pemilik rumah awal sumber api yang penghuninya diketahui mengalami gangguan jiwa untuk antisipasi dari amuk warga.(Angga)

Tags

Posting Komentar