News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kurangi Impor LPG, PLN Tukar Kompor Gas ke Kompor Listrik, Warganet Menjerit!!!

Kurangi Impor LPG, PLN Tukar Kompor Gas ke Kompor Listrik, Warganet Menjerit!!!

 


PT PLN (Persero) berkomitmen untuk mendorong upaya pemerintah dalam mewujudkan kemandirian dan ketahanan energi nasional. Caranya dengan membuat program konversi 1 juta kompor gas ke kompor induksi atau kompor listrik.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini memaparkan berdasarkan data, Indonesia merupakan negara pengimpor gas LPG hingga Rp 60 triliun yang disubsidi pemerintah hingga Rp 50 triliun.

Padahal di waktu yang bersamaan, pemerintah memiliki kelebihan energi listrik nasional mencapai 50 persen dari kebutuhan masyarakat saat ini.

"Tingginya impor gas dengan nilai kurang lebih Rp 60 triliun dengan subsidi LPG Rp 50 triliun per tahun," kata Zulkifli dalam konferensi pers virtual, Jakarta , Rabu (31/3).

Melihat kondisi tersebut, PLN menilai saat ini waktu yang tepat untuk melakukan transformasi penggunaan kompor gas LPG ke kompor listrik. Sebab selain bisa mengurangi impor gas, dalam waktu yang sama memanfaatkan kelebihan produksi listrik PLN.

"Dengan begitu, hemat kami secara tidak langsung akan menghemat subsidi LPG. Gerakan ini juga sekaligus mengatasi penyaluran subsidi LPG yang sulit tepat sasaran," kata Zulkifli.

Program tersebut mendapat tanggapan senada dari warganet. Hampir semuanya menjerit.

"Tetapi panci aluminium yang biasa digunakan tidak dapat digunakan dengan kompor iduksi.😂😜," tulis Jurgen Runge

"Sy pengalaman pk kompor listrik...  Boros listrik,  trus klo gorengan jd nya keras,  masak air luamaaaaa bgt..  Kapok deh pokoknya pk konpor listrik...," ketik Ainin Lesmana Jariah.

"Rakyat kecil tambah bingung
D puter" dgn program" yg Ndak  menguntungkan masyarakat kecil," sambut Sella Cuicui.

"Gimana nasib para pedagang kecil klo pake kompor listrik," celetuk Jaya Permana.

"Saya punya kompor induksi kuche untuk demo training, ya untuk masak2, merebus bisa jauh lebih cepat daripada kompor gas ...  1200W, klo buat demo training di perusahaan ya siul2 karena nggak kerasa, lha kalau buat sehari2 masak ya amsyong lah biaya tokennya ... plus musti sedia panci atau wajan stainless steel karena bahan aluminum tidak bisa," jelas Sugiharno Setiawan.

"Masih ingat konversi minyak tanah ke gas .. muncul tabung gas melon ..... Indonesia negeri 1000 cara 1000 akal pengusaha .... Yg 1001 mimpi bagi rakyat kecil ... Merdeka," sindir Imron Solihin.

 (Lip)

Tags

Posting Komentar