News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kawasan Danau Toba Digoyang Gempa, Warganet Merinding : Pertanda Kebangkitan Gunung Raksasa Toba?

Kawasan Danau Toba Digoyang Gempa, Warganet Merinding : Pertanda Kebangkitan Gunung Raksasa Toba?

 

Gempa danau toba

Gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 5.0 mengguncang wilayah Danau Toba, Sabtu (27/3/2021) pukul 15.46 WIB. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno menyampaikan, berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini kemudian diupdate menjadi magnitudo Magnitudo 5.2.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.43 LU dan 98.96 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 km arah Barat Laut Kota Balige, Kabupaten Toba Samosir pada kedalaman 137 km," ungkapnya.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis menengah akibat dari aktivitas subduksi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik ( thrust fault)," jelasnya.

Adapun dampak berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini berpotensi menimbulkan guncangan di Samosir pada skala I-II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Sedangkan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," tandasnya.

Dari pantauan di media sosial, banyak warganet mengaku merinding mengingat bahwa Danau Toba merupakan hasil dari ledakan super volcano Toba.

Salah satunya datang dari Jonathan.

"Merinding awak bang, kalau ada gempa di sekitar Danau Toba. Takutnya itu pertanda kebangkitan gunung raksasa Toba," tulis Jonathan.

"Doakan yang baik-baik aja lae. Kita serahkan semua pada Tuhan," jawab akun bernama Leo 

(int)

Tags

Posting Komentar