News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Karyawan Subcon Galangan Kapal PT.ASL Tewas Terjatuh

Karyawan Subcon Galangan Kapal PT.ASL Tewas Terjatuh



Patrick Nathanael Sitompul (20), warga Perum Taman Laguna Indah Blok C2 No.128, Kec.Sekupang, Kota Batam yang merupakan pekerja galangan kapal, tewas terjatuh dari atas kapal yang sedang dikerjakannya di kawasan galangan kapal PT.ASL, Tanjunguncang, Batuaji, Selasa (16/3/2021) sekitar pukul 10.30 WIB.

Korban sempat dilarikan ke rumah sakit umum daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam namun nyawanya tak tertolong.

Informasi yang didapat, korban terpeleset saat melintas di pinggir kapal yang sedang dikerjakannya sehingga terjatuh ke dasar dok yang dilapisi  semen cor. Kepalanya berdarah, kaki dan tangannya patah. Pekerja dan petugas keamanan perusahan mencoba menyelematkan korban namun sia-sia, sebab korban sudah dalam posisi meninggal dunia. Korban di bawa ke kamar jenazah RSUD untuk dimandikan.

Informasi lain yang didapat korban ini merupakan karyawan PT Elang Jaya, perusahaan Subcon yang mengambil projek di PT ASL. Jenazah korban masih di kamar jenazah RSUD dibenarkan oleh petugas medis di sana sudah dalam kondisi meninggal dunia.

Kedua orangtua korban tampak menangis histeris di lokasi kamar jenazah. Sejumlah pekerja berseragam PT Elang Jaya juga tampak terpukul dengan kejadian yang menimpa korban.

Sementara itu, informasi yang diterima Posmetro-Medan.com dari Lapsit Polsek Tanjung Uncang memaparkan kronologis terjadinya kecelakaan kerja tersebut.

Dari Lapsit tersebut menjelaskan bahwa pada Selasa tanggal 16 Maret 2021 sekira pukul 10.00 wib saksi, Ridwan, warga Perum Pluto Blok C3 No. 03 Kel.Tg.Uncang, Kec.Batu Aji, Kota Batam, bersama dengan korban (Patrick Nathanel Sitompul) berada di atas deck kapal. Pada saat itu, saksi Ridwan melihat jorban sedang membuka tali ikatan kabel panel. Kemudian, tiba-tiba kabel panel tersebut melorot ke bagian bawah kapal dan menyeret tubuh korban bersamaan jatuh ke bagian bawah kapal.

Sementara, menurut keterangan saksi lainnya, yakni Guntur Rianto, warga Perum Kota Mas, Blok C2 No.17 Kota Batam dan saksi Yuda Muhammad Ramdan, warga Perum Indomas Kel.Tg.Uncang, Kec.Batu Aji, Kota Batam, sekitar pukul 08.15 Wib, bersama dengan korban yang berstatus sebagai Safety Subcon, melakukan pekerjaan sebagai cleanning di Kapal Lady Vik yang sedang melakukan Docking.

Setelah bekerja di dalam tangki, sekira pukul 09.00 Wib karena pekerjaan telah selesai, mereka pun istirahat. Namun tak berselang lama, korban meminta saksi dan temannya turun ke bawah untuk menyiapkan tempat untuk menaruh Boks/tong scrub di lokasi jeti.

"Karena kran air belum berjalan kami pun istirahat sebentar. Tak berapa lama tiba-tiba karyawan yang lain berteriak mengatakan ada karyawan yang jatuh. Secara spontan saya pun langsung mencoba melihat ke lokasi orang yang terjatuh. Dab setelah saya lihat ternyata korban (Fatrik Natail) yang terjatuh," ujar saksi.(Red)

Tags

Posting Komentar