News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ajaib! Tagihan PDAM Tirtanadi Melonjak Belasan Juta, Padahal Rumahnya Kosong

Ajaib! Tagihan PDAM Tirtanadi Melonjak Belasan Juta, Padahal Rumahnya Kosong

 

Tagihan pdam tirtanadi melonjak

Belum seminggu membuka posko pengaduan, Ombudsman RI Perwakilan Sumut menerima sekitar 39 pelanggan PDAM yang melaporkan adanya ketidak wajaran tagihan rekening air yang melonjak sangat drastis.

Bahkan, rumah yang sudah 3 tahun kosong tagihannya mencapai belasan juta rupiah.

“Ada tagihan rekening air dari rumah pelanggannya yang sebelumnya rata-rata Rp 200.000 melonjak hingga Rp 12 juta lebih, dan rumah yang tagihan airnya melonjak sangat tak wajar itu, ternyata menurut pemiliknya tidak dihuni alias kosong sudah sekitar 3 tahun, dan aliran air ke rumah itu juga tidak jalan,” ujar Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Kamis (18/3/2021).

Berdasar analisa sementara yang dilakukan Ombudsman atas laporan yang masuk, dari copy tagihan rekening para pelanggan di bulan Januari dan Februari 2021, tagihan masih normal. Lonjakan tagihan terjadi pada bulan Maret 2021.

Ombudsman, kata dia, mendorong adanya perbaikan sistem di PDAM untuk peningkatan kualitas pelayanannya. Termasuk adanya perubahan sistem pencatatan dari manual ke digital. Tetapi, ujar Abyadi, jangan sampai kesalahan petugas yang mencatat meter secara manual atau kesalahan di sistem manajemen perusahaan plat merah itu dibebankan dan merugikan pelanggannya.

"Ombudsman akan menjadwalkan untuk segera memanggil Dirut dan manajemen PDAM Tirtanadi. Kita akan minta penjelasan dari mereka dan Ombudsman akan melakukan analisa dan penilaian," ujarnya. (mbd)

Tags

Posting Komentar