Sumut Digoyang Gempa, Berpusat di Karo, Terasa Hingga Aceh


Sumatera Utara diguncang oleh gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo (M) 5.4 pada, Jumat (4/12/2020) pukul 02.48 WIB dini hari tadi. 


Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=5,2 dengan episenter terletak pada koordinat 3,10 LU dan 98,13 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 41 km arah Barat Daya Kabupaten Karo pada kedalaman 133 km.


Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menyampaikan, adapun jenis dan mekanisme gempa bumi, bila memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, adalah jenis menengah akibat adanya aktivitas subduksi.


"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan Naik dengan kombinasi geser (Oblique-Thrust)," jelasnya.

 

Triyono menyebutkan, guncangan gempa bumi ini sendiri dirasakan di Sidikalang dan Aceh Singkil pada sakal III MMI atau getarannya dirasakan nyata dalam rumah seakan ada truk berlalu. 


Namun Triyono mengaku, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. 


"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini juga tidak berpotensi tsunami," terangnya.


Sampai pagi ini, tambah dia, BMKG juga belum menemukan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kendati begitu dia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. (int)


Bagikan Gratis :


Loading...

Tidak ada komentar