News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Polres Langkat Gelar Pasukan Ops Lilin Toba 2020

Polres Langkat Gelar Pasukan Ops Lilin Toba 2020

 


Polres Langkat melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Toba - 2020 di Lapangan Apel Jananuraga Polres Langkat, Senin (21/12/2020).


Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba Tahun 2020 kali ini bertema "Melalui Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Toba - 2020 Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di tengah Pandemi Covid - 19".


Apel Gelar Pasukan 2020 ini dipimpin langsung oleh Bupati Langkat, Terbit Rencana, PA, SH. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Kapolres Langkat AKBP Edi Suranta Sinulingga, SIK, Dandim 0203 Langkat Letkol Inf.Bahtiar Susanto, Unsur Forkopimda Kab.Langkat, Para PJU Polres Langkat, Kapolsek sejajaran Polres Langkat.


Juga hadir yang mewakili Danyon A Sat Brimob Binjai, AKP I Wayan Danu, mewakili Danyonif 8 Marinir Tangkahan Lagan, Kapten Mar.Aditiya Hari, Dan Subden POM Pkl. Berandan, Kapten Wahyudi, Kepala BPBD Kab.Langkat Irwan Syahri, Ketua PWI Kab.Langkat Darwis Sinulingga, para Tokoh Pemuda, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.


Dalam rangkaian kegiatan apel tersebut juga melaksanakan pemasangan pita Ops Lilin Toba 2020.


Selanjutnya, Pimpinan Apel membacakan sambutan tertulis Kepala Kepolisian Republik Indonesia pada Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Toba 2020 yang diselenggarakan di seluruh jajaran Polri dari tingkat Mabes Polri sampai dengan Tingkat Polda/Polres.


Dalam amanat Kapolri tersebut dijelaskan bahwa Apel Gelar Pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Ops.Lilin Toba 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, baik pada aspek personil, sarana dan prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemkab Langkat dan Mitra Kamtibmas lainnya.


Sebagaimana diketahui, perayaan Natal dan Tahun Baru yang dilaksanakan oleh masyarakat secara unipersal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun ditempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian. Sehingga tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan keamanan keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.


Oleh sebab itu, Polri dan  penggiat protokol kesehatan Covid -19  Polri menyelenggaran Ops Lilin Toba yang akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 s/d 04 Januari 2021 ini, dengan mengedepankan kegiatan Pre Emptif dan Pre Pentif secara Humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profolersional dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid - 19.


Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021, Polres Langkat melibatkan sebanyak 664 personil yang terdiri dari 612 Personil Polri, 12 Personil TNI, serta dari instansii terkait sebanyak 40 personil.


Sebagian personil tersebut akan ditempatkan pada 5 pos pengamanan terkait gangguan Kamtibmas, gangguan keamanan, gangguan kesalamatan ketertiban kelancaran lalu lintas dan 1 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di lokasi keramaian dan tempat wisata.


Dalam amanatnya, Kapolri menegaskan bahwa pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa. Sehingga menjadikan kita cenderung kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat. Apalagi di masa Pandemi Covid - 19 saat ini. Maka jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid -19.


Berdasarkan Meping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi ganguan Kamtibmas yang harus kita antisipasi antara lain, ancaman terorisme dan radikalimas ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras dan perusakan fasilitas umum. Aksi kriminalitas seperti curat, curas dan curanmor. Dan oleh sebab itu saya harapkan seluruh Kapolsek mampu menentukan langkah antisipasi yang pro aktif dan apli Latif serta cara bertindak yang tepat efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada.


Para peserta Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Toba 2020 terdiri dari : 1 Pleton Personil Kodim 0203 Langkat, 1 Pleton personil Marinir Tangkahan Lagan Pkl.Berandan, 1 Pleton Brimob Detasemen A Binjai, 1 Pleton Personil Polres Langkat, 1 Pleton Sat.Pol.PP Pemkab Langkat, 1 Pleton Damkar Pemkab Langkat, 1 Pleton Dishub Kab.Langkat dan 1 Pleton gabungan PMI dan BPBD Kab.Langkat.(lkt-1/lkt-2)

Tags

Posting Komentar