Dimintai Tanggapan Setahun Jokowi, Gubsu : Aduh, Ini yang Paling Berat...


 Setahun enam hari pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sudah berlangsung. Evaluasi dan harapan dilontarkan banyak orang, termasuk para kepala daerah.


Namun Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi malah enggan berkomentar soal setahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.  


"Aduh, ini yang paling berat. Aku bicara Sumatera Utara aja ya, nanti salah...," kata Edy singkat kepada Kompas.com di rumah dinasnya usai berdialog dengan wartawan, Senin (26/10/2020).


"Evaluasi, mudah-mudahanlah semua berjalan dengan baik," lanjutnya. 


Seperti diberitakan, Selasa (20/10/2020) lalu, tepat satu tahun pemerintahan Jokowi - Ma'ruf Amin.


Pada pidato pertamanya di depan sidang paripurna MPR RI, Minggu (20/10/2019) petang, Jokowi menegaskan untuk menghadapi dunia yang penuh risiko, dinamis dan kompetitif dengan mengembangkan cara dan nilai-nilai baru. 


Lima prioritas pembangunan dengan sumber daya manusia dan inovasi menjadi poin utama yaitu pembangunan SDM, melanjutkan pembangunan infrastruktur.


Menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi, mengakselerasi perekonomian rakyat. Ketiga, memangkas, memotong, menyederhanakan segala bentuk kendala regulasi. 


Pemerintah akan mengajak DPR untuk menerbitkan dua undang-undang besar yaitu UU Cipta Lapangan Kerja dan UU Pemberdayaan UMKM menjadi Omnibus Law.


Keempat, penyederhanaan birokrasi besar-besaran menjadi dua level, diganti dengan jabatan fungsional. Kelima, transformasi ekonomi. 


Belum setengah tahun berjalan, pandemi Covid-19 menghantam semua sendi kehidupan dan mengakibatkan krisis multi dimensi, termasuk ancaman krisis politik.


Hal ini juga berakibat pada pemerintahan Jokowi-Maruf. Kontroversi dan polemik dalam penyusunan dan pengesahan Omnibus Law menjadi indikasinya. 


Tudingan dan kecaman datang dari berbagai penjuru mata angin, meski ada juga yang menilai positif dan mendukung kinerja dan kebijakan mantan wali kota Solo di periode keduanya ini. (kmp)


Bagikan Gratis :


Loading...

Tidak ada komentar