Ini Alasan Dokter Menyentil Jarum Sebelum Menyuntik, Bisa Gawat Jika Diabaikan!!!


Kenapa dokter sering menyentil nyentil jarum suntik sebelum melakukan suntikan?

Ternyata hanya untuk menghilangkan udara yang terperangkap di suntikan tersebut. Namun jika tidak dilakukan, bisa menyebabkan kematian!!!

Adanya gelembung udara yang masuk ke pembuluh darah bisa menghambat aliran darah. Maka itu ketika seseorang mau disuntik, dokter lebih dahulu memastikan gelembung udara tidak ada.

 Hal ini karena jika ada gelembung udara yang masuk bisa berbahaya bagi tubuh bahkan hingga menyebabkan kematian.

Jika ada gelembung udara yang masuk ke dalam tubuh dan bersarang di pembuluh darah bisa menyebabkan aliran darah terhambat, kondisi ini dikenal dengan nama emboli. Hal ini bisa berbahaya karena darah digunakan untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Jika emboli terjadi maka pasokan darah ke organ utama tubuh seperti otak, paru-paru atau jantung menjadi terhambat. Jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan kegagalan organ bahkan hingga kematian.

Dikutip dari medscape.com
1. Jika ada lebih dari 5ml/kg udara yang masuk ke pembuluh darah vena bisa menyebabkan cedera yang signifikan seperti shock atau gagal jantung.

2. Suntikan 2-3 ml udara ke dalam sirkulasi otak bisa berakibat fatal

3. Jika gelembung udara masuk dengan cepat dan dalam ukuran besar menyebabkan kejang di ventrikel kanan yang meningkatkan tekanan di arteri paru-paru.

4. Jika volume udara yang masuk besar (lebih dari 30mL/kg/menit) ke dalam sistem peredaran darah vena akan mengganggu proses penyaringan di pembuluh darah paru-paru sehingga mengalami perubahan seluler.

Maka dari itu, dokter menyentil nyentil suntikan/spuit adalah untuk mengeluarkan udara di dalam spuit tersebut. Semoga jawaban saya dapat sedikit membantu untuk mencerahkan.

sumber : medscape

Bagikan Gratis :


Loading...

Tidak ada komentar