News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hadiri Seminar Urgensi Pokok -Pokok Haluan Negara Di Medan Marelan, Akhyar Serap Aspirasi Masyarakat

Hadiri Seminar Urgensi Pokok -Pokok Haluan Negara Di Medan Marelan, Akhyar Serap Aspirasi Masyarakat


 

Apresiasi disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi atas digelarnya Seminar tentang Urgensi Pokok-Pokok Haluan Negara di Marelan Hall, Jalan Marelan Pasar IV, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Minggu (13/9). Diharapkan, materi yang disampaikan dapat memberi dan menjadi pencerahan bagi masyarakat untuk memahami kondisi, hak dan kewajiban sebagai warga negara.


 Seminar yang digelar bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat tersebut menghadirkan anggota MPR-DPR RI Komisi III Fraksi Partai Gerindra Romo H R Muhammad Syafi'i SH MHum sebagai pembicara serta turut dihadiri anggota DPRD Medan H Surianto, Camat Medan Marelan M Yunus, para tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat Medan Marelan.


 "Menjadi sebuah kehormatan bagi saya bisa hadir dan ikut dalam kegiatan ini. Apalagi dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat. Terima kasih atas kesempatan ini. Sebab, ini menjadi wujud dan tanggungjawab kita hadir di tengah-tengah masyarakat sekaligus wadah bersama untuk menyikapi dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat," kata Akhyar.

 

Di hadapan masyarakat yang menyampaikan aspirasinya, Akhyar mengatakan segala masukan dan keluhan akan ditindaklanjuti oleh Pemko Medan. Salah satu persoalan yang menjadi perhatian yakni penanganan banjir, sehingga masyarakat tidak terganggu dan tetap merasa aman dan nyaman.


"Tantangan di wilayah Medan Utara ini memang sangat kompleks dan luar biasa. Tapi, saya bersama jajaran Dinas Pekerjaan Umum telah berkeliling dan melakukan pengecekan untuk mencari sebab terjadinya. Insya Allah, perbaikan akan kita kita lakukan. Kami mohon masyarakat bersabar apalagi melihat kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang masih melanda sehingga mengharuskan kita melakukan realokasi dan refocusing anggaran," jelasnya. 


Mantan anggota DPRD Medan tersebut juga mengungkapkan bahwa saat ini beberapa kantor lurah telah menyediakan fasilitas wifi untuk mendukung sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). "Saat ini kami memang belum mengizinkan sistem belajar tatap muka dilakukan, mengingat pandemi Covid-19 masih menghantui kita," ungkapnya seraya mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan terutama menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah. 


 Dari sisi pendidikan, Akhyar mengaku bahwa Pemko Medan juga telah menyiapkan bantuan intensif bagi para guru honorer sesuai masa kerjanya baik yang bertugas di sekolah negeri maupun swasta. "Bantuan tersebut telah berjalan. Di samping itu kita juga memberi bantuan bagi masyarakat pekerja sosial seperti guru mengaji dan penggali kubur," paparnya.


 Sebelumnya, anggota MPR-DPR RI Komisi III Fraksi Partai Gerindra Romo H R Muhammad Syafi'i SH MHum mengungkapkan bahwa kegiatan aspirasi masyarakat menjadi salah satu kewajiban dan tugas sebagai wakil rakyat di DPR-MPR RI untuk mendengar dan menyerap aspirasi masyarakat untuk dibawa dan dibahas di tingkat pusat.


Selanjutnya, Romo menyampaikan materi terkait urgensi pokok- pokok haluan negara. Selain itu juga membahas tentang RUU Haluan Ideologi Pancasila sehingga kini dapat dimengerti oleh masyarakat serta kondisi negara, sebab akibat dan dampak yang dirasakan akibat terpaan pandemi Covid-19 yang hingga saat ini tidak dapat diprediksi kapan akan berakhir.


 "Terima kasih untuk kehadiran Bapak Plt Wali Kota. Insha Allah, seluruh aspirasi, aduan dan keluhan yang disampaikan akan kami koordinasikan dan tindaklanjuti baik itu bersama Pemko Medan maupun di tingkat pusat. Sebab, upaya ini kita lakukan guna memberikan manfaat bagi masyarakat, termasuk di kecamatan Medan Marelan," ungkap Romo.(fm)

Tags

Posting Komentar