News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

DUARRR!!! Kapal Pencuri Ikan Berbendera Malaysia Ditenggelamkan di Belawan

DUARRR!!! Kapal Pencuri Ikan Berbendera Malaysia Ditenggelamkan di Belawan


Kejaksaan Negeri (Kejari) Belawan memusnahkan dua kapal asing dengan cara dibakar dan ditenggelamkan di laut. Pemusnahan ini dilakukan untuk memberikan efek jera bagi pelaku pencuri ikan di perairan Indonesia.

Proses penenggelaman dua kapal asing berbendera Malaysia ini dilaksanakan di Kawasan Bui I, Perairan Belawan, Sumatera Utara, Senin (20/7/2020) siang. Lokasinya berjarak tempuh 40 menit hingga satu jam dari Dermaga Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan.

Kapal nelayan pelaku illegal fishing ini ditangkap TNI AL dan PSDKP Belawan pada Februari silam. Kapal yang dinakhodai seorang warga Thailand dan Indonesia ini diamankan lantaran mencuri ikan di Perairan Indonesia. Selain itu, mereka mengunakan alat tangkap yang dilarang karena dapat merusak biota laut.

Kepala Kejari Belawan Ikue Bachtiar mengatakan, pemusnahan dilakukan dalam jangka waktu dua bulan setelah berkekuatan hukum tetap. Eksekusi terhadap barang bukti dua kapal asing karena setelah diperiksa tidak bisa digunakan kembali.

"Eksekusi barang bukti ini sesuai Undang-Undang. Pemusnahan ini sampai barang itu tidak bisa digunakan lagi. Kami bakar dan tenggelamkan di sini," ujar Bachtiar, Senin (20/7/2020).

Selain memberikan efek jera terhadap pelaku illegal fishing, penenggelaman kapal yang menggunakan alat tangkap terlarang diharapkan juga mampu menjaga ekosistem laut Indonesia.

Tags

Posting Komentar