News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Presiden Minta Mendagri Tegur Kepala Daerah yang Blokir Jalan, Walkot Medan Salah Satunya?

Presiden Minta Mendagri Tegur Kepala Daerah yang Blokir Jalan, Walkot Medan Salah Satunya?


Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian diminta menegur kepala daerah yang memblokir jalan dan menyebabkan distribusi logistik terhambat. Distribusi logistik ke pasar-pasar dinilai penting untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan mendapatkan laporan dari sejumlah kepala daerah mengenai pasokan bahan pangan, seperti beras terganggu. Kondalal tersebut, disebabkan adanya pemblokiran jalan.

“Ini saya harapkan Mendagri memberikan teguran kepada daerah-daerah yang memblokir jalan agar urusan distribusi logistik ini tidak terganggu,” ujar Jokowi dalam rapat terbatas mengenai Persiapan Menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1441 H/2020 M melalui telekonferensi dari Istana Kepresidenan, Bogor, Kamis (2/4/2020).

Dia menuturkan, permintaan pasokan pangan semakin tinggi memasuki momentum Ramadan 24 April 2020 dan dilanjutkan Hari Raya Idul Fitri.

“Betul-betul harus dicek di lapangan ketersediaan bahan-bahan pokok,” ucapnya.

Menurutnya, Ramadan tahun ini berbeda dibandingkan sebelumnya. Saat ini masyarakat sedang dihadapkan dengan kondisi wabah virus corona.

Menteri, pimpinan lembaga dan kepala daerah diminta memastikan kecukupan bahan pangan. Menurutnya, harga bahan pangan segera kembali ke level normal dari masa fluktuasi yang sempat terjadi.

Dia memprediksi harga gula akan turun ke Rp12.500 per kilogram dan bawang putih menurun ke Rp20-30 ribu per kilogram.

“Menteri Perdagangan juga menyampaikan pada saya, bawang juga beberapa sudah masuk dan kita harapkan bawang putih pada minggu-minggu ke depan atau syukur minggu ini sudah kembali normal," katanya.

Tags