Peserta Sekarat Usai Minum Kencing Sapi, Panitia Ditangkap Polisi


Seorang aktivis partai politik berkuasa India, Bharatiya Janata Party (BJP), yang juga salah satu penyelenggara pesta minum urine sapi, ditangkap polisi, Selasa (17/3/2020).

Pesta minum urine sapi digelar pada akhir pekan lalu di New Delhi dan dihadiri ratusan orang. Mereka yakin urine sapi bisa mencegah virus korona.

Pria bernama Narayan Chatterjee itu ditangkap setelah seorang peserta disebut sekarat setelah acara.

Kepala kepolisian Kolkata Anuj Sharma mengatakan, Chatterjee dijerat dengan beberapa tuduhan.

"Mengorganisasi pesta minum urine sapi dan memaksa relawan untuk meminum urine sapi. Relawan itu sakit pada Selasa dan melaporkan kasus ini ke polisi. Aktivis BJP ditangkap pada Selasa malam," kata Sharma, dikutip dari AFP, Kamis (19/3/2020).

Presiden BJP Bengal Barat Dilip Ghosh menyayangkan penangkapan terhadap Chatterjee.

"India adalah negara demokratis. Setiap orang memiliki hak untuk mengekspresikan pendapat. Sangat disayangkan Chatterjee ditangkap karena mengutarakan pendapat untuk mengorganisasi acara itu. Kita tidak tahu apakah relawan itu dipaksa minum urine sapi atau tidal," kata Ghosh.

Warga di negara mayoritas pemeluk Hindu itu menganggap sapi sebagai hewan suci dan percaya urinenya merupakan obat mujarab untuk segala penyakit, dari radang sendi, asma, kanker, hingga diabetes.

Sejauh ini tak ada bukti klinis bahwa urine sapi dapat menyembuhkan penyakit, bahkan para ahli melarang mengonsumsinya.

India mengonfirmasi 151 kasus virus korona hingga Rabu, tiga di antaranya meninggal.

Bagikan Gratis :


Loading...