Malaysia Lockdown, Internet Digratiskan, Tagihan Listrik Didiskon Hingga 50%


Pemerintah Malaysia bersama operator telekomunikasi akan menyediakan internet gratis untuk pelanggan mulai 1 April 2020 selama masa periode MCO atau Movement Control Order.

Dilansir melalui laman New Straits Times, Minggu, 29 Maret 2020, Perdana Menteri, Tan Sri Muhyiddin Yassin mengatakan pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar RM600 juta atau sekitar Rp2,2 triliun di bawah nama program Prihatin Rakyat Economic Stimulus.

"Untuk industri telekomunikasi dan multimedia berberapa paket khusus akan diperkenalkan berdasarkan kerja sama dengan operator telekomunikasi," ujarnya.

Di antara paket yang dikenalkan tersebut adalah internet gratis untuk semua pelanggan selama periode MCO, yang dimulai pada awal bulan depan.

Investasi juga akan ditambahkan sebesar RM400 juta atau Rp1,4 triliun untuk meningkatkan jangkauan jaringan dan kemampuan menyediakan jaringan telekomunikasi dengan ketersediaan dan kualitas yang tinggi.

Pemerintah negeri Jiran juga menyisihkan RM530 juta atau Rp1,9 triliun untuk pemberian diskon tagihan listrik dengan persentase 15-50 persen dengan batas maksimal 600 kilowatt per bulan.

Angka tersebut merupakan tambahan, sebelumnya mereka sudah melakukan investasi dengan rencana pemberian diskon tagihan listrik hingga 15 persen untuk sektor pariwisata dan dua persen untuk komersial, industri pertanian dan rumah tangga.

"Diskon 50 persen untuk penggunaan listrik di bawah 200 kilowatt, 25 persen untuk penggunaan listrik 201-300 kilowatt dan 15 persen untuk 301-600 kilowatt. Potongan ini akan berlaku mulai April hingga enam bulan ke depan," katanya. (vv)

Bagikan Gratis :


Loading...