News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ikatan Dokter Indonesia Bantah Chloroquine Bisa Tangkal Corona

Ikatan Dokter Indonesia Bantah Chloroquine Bisa Tangkal Corona

Ikatan Dokter Indonesia Bantah Chloroquine

Lagi-lagi info tentang obat yang bisa sembuhkan corona beredar luas di media sosial. Yang terbaru adalah isu Chloroquine Phosphate efektif tangkal corona.

 Jal tersebut langsung dibantah Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI). Chloroquine Phosphate yang merupakan obat malaria tersebut tidak bisa menjadi obat virus novel corona (Covid-19). Belum ada obat yang bisa menyembuhkan infeksi virus itu.

Sekretaris Satgas Covid-19 PB IDI Dyah Agustina Waluyo mengatakan, hingga saat ini juga belum ada obat khusus untuk mengobati pasien yang terjangkit virus ini.

  "Jadi semua diobati sesuai gejala. Kalau demam diberikan obat demam, pilek batuk diberikan obat pilek dan batuk, kemudian kalau sampai gagal napas ya pakai ventilator," katanya, ditulis Selasa (17/3).

Kendati demikian, ia menegaskan, 90 persen kasus virus ini bersifat ringan. Untuk mencegah penularan virus ini, IDI mendorong masyarakat benar-benar menerapkan isolasi di rumah atau social distancing sesuai anjuran pemerintah.

"Jadi kita (harus) sepakat selama 14 hari ini di rumah, kecuali petugas medis atau aparatur sipil negara (ASN) yang memang punya tugas tertentu yang tidak bisa ditinggal. Insya Allah kasusnya (Covid-19) tidak melonjak, tapi tolong jangan meremehkan," ujarnya.

Sebelumnya, netizen sempat dihebohkan adanya kabar obat antimalaria chloroquine phosphate atau klorokuin fosfat dapat menyembuhkan pasien virus korona. Informasi tersebut bahkan diperkuat dengan riset yang menunjukkan ada "kemanjuran" dalam mengobati COVID-19.

Tags