Ahli Dunia Pasti Kaget!!! Menkes RI : Corona Dapat Sembuh dengan Sendirinya

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto

Di saat para ahli kesehatan dunia sibuk mencari antivirus corona covid-19, pernyataan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto ini bisa membuat mereka kaget luar biasa.

Terawan menyatakan virus corona covid-19 merupakan jenis penyakit self limited disease atau dapat sembuh dengan sendirinya.

Hal tersebut dikatakan Terawan merespons dua warga Depok, Jawa Barat yang dinyatakan positif virus corona.

"Harus diingat ini penyakit self limited disease, penyakit yang bisa sembuh sendiri. Sama seperti virus lain," ujar Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3).

Terawan menambahkan, virus dengan jenis self limited disease seperti ini umumnya sembuh jika tubuh seseorang memiliki imunitas yang baik.

Dihimpun dari sejumlah informasi, jenis penyakit self limited disease ini dapat sembuh dengan sendirinya karena imunitas tubuh akan melawan virus-virus tersebut. Penyakit dengan jenis seperti ini di antaranya cacar air, flu, dan batuk tanpa radang.

Untuk itu, Terawan mengingatkan agar masyarakat menjaga kesehatan dengan meningkatkan imunitas tubuh. Jika imunitas tubuh baik, maka seseorang tak mudah terjangkit virus penyakit.

"Dari awal saya bilang, jaga imunitas tubuh, jaga higienis. Gerakan masyarakat hidup sehat itu juga kita gaungkan di mana-mana," katanya.

Mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto itu mengimbau agar masyarakat tak perlu khawatir dan takut berlebihan. Ia juga mengingatkan agar masyarakat yang dalam kondisi sehat tak perlu menggunakan masker.

"Kan dari WHO yang sakit aja yang pakai masker. Yang sehat ndak usah, karena kalau sehat makai masker percuma dia nanti megang-megang tetap bisa kena," ucap Terawan.

Terawan saat jumpa pers di RSPI Sulianti Saroso, Senin (2/3), meminta masyarakat untuk tidak paranoid dalam menghadapi wabah virus corona. Terutama ketika dua warga Depok, Jawa Barat dinyatakan positif virus corona.

Terawan menyebut, paranoid yang berlebihan dapat menurunkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri.

"Paranoid berlebihan bisa mempengaruhi imunitas, justru kalau imunitas turun lebih mudah terserang penyakit," ujarnya.

Ia menjelaskan virus corona tidak bisa berkembang di dalam tubuh yang sehat. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat menerapkan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat yang dimaksud seperti mencuci tangan dengan sabun, mematuhi etika batuk, dan menjaga kebersihan diri serta lingkungan.

"Yang penting menjaga perilaku hidup sehat, gerakan masyarakat sehat, supaya imunitas meningkat," ujarnya.

Sebelumnya, Menkes Terawan Agus Putranto menyebut penelitian dari Profesor Harvard menghina Indonesia.

Profesor Harvard tersebut menyebutkan jika di Indonesia seharusnya sudah ada kasus positif virus corona berdasarkan analisa lalu lintas penerbangan dari dan ke Wuhan, China. (cnn)

Bagikan Gratis :


Loading...