News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

17 Fakta Tentang Corona Ini Bisa Bikin Warga +62 Takut Keluar Rumah

17 Fakta Tentang Corona Ini Bisa Bikin Warga +62 Takut Keluar Rumah


WHO merilis fakta tentang corona. Banyak di antaranya yang mematahkan mitos tentang penangkal atau pun pengobatan corona.

Berikut ini 17 fakta virus Corona yang bisa bikin warga +62 takut keluar rumah :

1. Cuaca Panas

Cuaca panas seperti di Indonesia tidak bisa membunuh virus Corona atau mencegah penyebarannya. Cara terbaik untuk melindungi diri dari COVID-19 adalah dengan sering membersihkan tangan. Hindari infeksi yang dapat terjadi saat menyentuh mata, mulut, dan hidung.

2. Cuaca Dingin

Cuaca dingin dan bersalju tidak bisa membunuh virus Corona atau Covid-19.

3. Mandi Air Panas

Mitos mandi air panas untuk membunuh dan mencegah virus Corona juga diragukan kebenarnya. WHO menyatakan mandis air panas tidak dapat mencegah virus Corona.

4. Tidak Menular Lewat Barang

Virus Corona tidak dapat ditransmisikan melalui produk atau barang dari China atau negara mana pun di mana kasus telah dilaporkan.


5. Gigitan Nyamuk

Virus Corona baru tidak dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk kepada manusia.

6. Pengering Tangan

Menggunakan pengering tangan tidak efektif untuk membunuh Virus Corona. Sebelum menggunakan pengering tangan, cuci tangan menggunakan antiseptik.

7. Lampu Ultraviolet

Jangan gunakan lampu ultraviolet (UV) untuk mensterilkan tangan atau area kulit lainnya, karena radiasi ultraviolet dapat menyebabkan iritasi kulit.

8. Alat Pendeksi Suhu

Alat pendeteksi suhu panas tubuh tidak menjamin mampu mendeteksi Virus Corona. Jika orang yang terinfeksi sudah mengalami demam, alat ini cukup berguna. Namun, interval waktu seseorang terinfeksi hingga terjadi demam adalah 2 hingga 10 hari.

9. Jangan Semprotkan Alkohol

Jangan menyemprotkan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh Anda dengan maksud membunuh Virus Corona. Yang harus dicatat, alkohol dan klorin mungkin berguna untuk mendisinfeksi permukaan, tetapi harus digunakan sesuai dengan rekomendasi yang tepat.

10. Cuci Tangan

Cara terbaik untuk melindungi diri dari Covid-19 adalah dengan sering membersihkan tangan. Hilangkan virus yang mungkin ada di tangan Anda dan hindari infeksi yang dapat terjadi saat menyentuh mata, mulut, dan hidung Anda.

11. Hewan Peliharaan

Saat ini, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan peliharaan seperti anjing atau kucing dapat terinfeksi virus Corona baru. Namun, disarankan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air setelah kontak dengan hewan peliharaan Anda.

12. Vaksin Virus Corona

Vaksin pneumonia tidak bisa melindungi Anda dari Covid-19, virus ini membutuhkan vaksin khusus. Hingga saat ini vaksin Covid-19 belum ditemukan, masih dalam tahap penelitian.

13. Air Garam

Air garam tidak bisa melindungi Anda dari infeksi virus Corona atau Covid-19.

14. Bawang Putih

Bawang putih tidak bisa melindungi Anda dari infeksi virus Corona atau Covid-19.

15. Bukan Cuma Lansia

Bukan hanya orang lansia (lanjut usia) yang berpotensi terinfeksi Covid-19. Orang dari segala usia pun berpotensi tertular. Namun orang dengan usia tua dan orang-orang dengan kondisi penyakit seperti asma, diabetes, penyakit jantung, lebih rentan karena kondisi kesehatan mereka buruk.

16. Obat Antibiotik

Obat antibiotik tidak efektif dalam pencegahan dan pengobatan Virus Corona. Yang harus dicatat, antibiotik bekerja untuk melawan bakteri, sedangkan Covid-19 adalah virus.

17. Belum Ada Obatnya

Sampai saat ini, belum ada obat khusus yang direkomendasikan untuk pencegahan atau pengobatan coronavirus baru (Covid-19). Namun, mereka yang terinfeksi virus harus menjalani perawatan yang tepat untuk meredakan dan mengobati.

Tags