Ngaku Sudah Cek Ribuan TKA China, Tapi Laporan Nggak Sampai ke Dinkes, Ada Apa?


Ngaku Sudah Cek Ribuan TKA China, Tapi Laporan Nggak Sampai ke Dinkes, Ada Apa?
PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) menyatakan pemeriksaan kesehatan 5.390 Tenaga Kerjanya yang berasal dari China telah selesai dilakukan. Pemeriksaan kesehatan itu terkait dengan mewabahnya Coronavirus atau lazim disebut virus Corona.

Meski begitu Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali hingga jumat pagi belum menerima laporan hasil pemeriksaan kesehatan dari perusahaan multinasional itu.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Morowali, Azhar Maruf, laporan detail hasil pemeriksaan termasuk observasi tim dokter perusahaan terhadap TKA China itu penting untuk disampaikan ke pemerintah untuk menjadi bahan pengambilan kebijakan antisipasi penyebaran virus Corona, terutama terkait pekerja asing.

“Laporan proses pemeriksaan Kesehatan TKA PT IMIP sebelumnya selalu kami terima, tapi soal selesainya pemeriksaan, sampai sekarang belum masuk ke kami (Dinas Kesehatan Morowali), nanti kami akan cek,” kata Azhar melalui telepon, seperti dilansir dari Liputan6.com.

Azhar bilang sejauh ini pemeriksaan kesehatan di lingkungan perusahaan investasi China itu, pascamerebaknya virus Corona di beberapa negara dilakukan dengan ketat. Azhar juga mengakui fasilitas kesehatan di kawasan industri itu juga lengkap dengan jumlah dokter yang memadai.

Namun pemantauan kondisi kesehatan dilakukan secara terpadu, antara PT IMIP, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan dinas kesehatan. Karenanya, hasil dari pemeriksaan TKA yang telah selesai juga harus dilaporkan.

“Di dalam sana (PT IMIP) ada KKP dan dinas kesehatan juga yang memantau kondisi kesehatan TKA, jadi laporan itu memang harus ke kami juga,” Azhar menegaskan. (lip)

Bagikan Gratis :


Loading...