News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jokowi Siapkan Ibu Kota Baru Buat Ahok? Luhut : Biar Presiden yang Umumkan Secara Resmi

Jokowi Siapkan Ibu Kota Baru Buat Ahok? Luhut : Biar Presiden yang Umumkan Secara Resmi

Jokowi Siapkan Ibu Kota Baru Buat Ahok

Kabar soal sosok pimpinan ibu kota baru RI yang berada di Kalimantan Timur semakin liar. Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok disebut-sebut sebagai calon kuat yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan termasuk yang memberi sinyal itu.

Menurutnya siapa calon pemimpin ibu kota baru akan ditunjuk langsung dan diumumkan oleh Jokowi.

"Nanti akan diumumkan, presiden sudah menunjuk, yang saya tahu begitu. Tapi biarlah nanti resmi diumumkan presiden," kata Luhut saat ditanya apakah Ahok yang menjadi kepala otorita Ibu Kota Baru, di istana negara seperti dilansir dari CnnIndonesia.com, Jumat (28/2/2020).

Sebelumnya, Luhut mengatakan Ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur (Kaltim) tidak akan dipimpin seorang gubernur. Nantinya, pejabat setingkat menteri tersebut langsung akan dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Luhut bilang penunjukannya segera dilakukan.

Sejalan dengan itu, Luhut juga mengungkap sejumlah alternatif pembiayaan proyek di IKN. Dia bilang, government building semua dibiayai oleh APBN.

Selanjutnya, bangunan dan fasilitas lainnya akan dibiayai di luar APBN.dia menyebut, sejumlah sarana seperti entertainment, education, resort, health, dan financial center, akan diberikan kepada private sector.

Terkait hal ini, dia mengklaim ada banyak yang tertarik. Setidaknya sudah 30 perusahaan dari asing maupun dalam negeri sempat mengemukakan ketertarikan. (cnn)

Tags