Tegas! Bupati Lahat Larang Masuk TKA China, "Bila Perlu, Kita Pulangkan yang Ada Saat Ini!"

Bupati Lahat Larang Masuk TKA China

Pemerintah Kabupaten Lahat melarang tenaga kerja asing (TKA) asal China masuk ke daerahnya. Sikap ini sebagai upaya mewaspadai virus korona yang kian mewabah.

Bupati Lahat, Cik Ujang mengatakan, sementara waktu daerahnya akan menutup akses masuk TKA, khususnya mereka yang dari negara China. Imbauan ini juga ditegaskan ke pihak swasta di wilayah tersebut.

"Perusahaan jangan membuka pintu untuk TKA, khususnya yang datang dari negara China masuk ke Lahat," kata Cik Ujang kepada wartawan, Kamis (30/1/2020).

Lahat merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Selatan sebagai kawasan penghasil tambang batubara. Beberapa perusahaan batubara banyak mempekerjakan TKA dari China.

Selain itu, Cik Ujang menegaskan, jika ada
TKA di Lahat yang terinfeksi virus korona, akan dipulangkan ke negara asalnya. Bahkan, dia ingin memulangkan mereka yang saat ini bekerja di daerah tersebut.

"Bahkan, bila perlu yang ada saat ini kita kembalikan dulu," ujar Cik Ujang.

Virus korona mewabah di Wuhan dan sejumlah daerah di China. Ada ratusan korban meninggal dunia akibat virus tersebut. Sementara ribuan orang lainnya dalam penanganan tenaga medis.

Virus ini menyebabkan aktivitas di Wuhan lumpuh total. Bahkan, pemerintah China mengimbau warganya tidak beraktivitas di luar rumah. (inews)

Bagikan Gratis :


Loading...