Header Ads

Gubsu Evakuasi Warga Tapanuli Utara di Papua, "Seluruhnya Sehat dan Tidak Mengalami Kekerasan"



Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, bergerak untuk melakukan evakuasi warganya yang berada di Wamena, Papua. Mereka saat ini mengungsi di markas Resimen Induk Kodam atau Rindam XVII/Cenderawasih di Danau Sentani.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan, ada tiga warga asal Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumut, yang bekerja di Wamena. Seluruhnya, dalam sehat dan tidak mengalami kekerasan dampak dari konflik di Wamena tersebut.

"Sekarang sudah kami angkat (evakuasi) dan kami bawa kami tempatkan di Rindam di kawasan Danau Sentani," sebut Edy kepada wartawan di Medan, Selasa 1 Oktober 2019.

Edy mengungkapkan, Pemprov Sumut terus melakukan koordinasi dengan petugas yang ada di Wamena, terkait keberadaan warga dari Sumatera Utara.


"Yang lain sedang kita koordinasikan dan besok kita rapat. Yang mana, mau kami buat langkah untuk memindahkan. Evakuasi orang itu tak mudah. Kalau hanya bantuan sudah kita siapkan, data sudah ada. Baru tiga orang dari Taput," tutur Edy.

Mantan Pangkostrad itu menjelaskan kondisi mereka terus dipantau. Kemudian, akan menjadi pembahasan pihak Pemprov Sumut, besok untuk menyikap perkembangan lainnya.

"Itu kan harus dikomunikasikan, kalau dibawa kemari mau di kemana kan, kerja apa dia. Ada anaknya ke mana sekolahnya. Tidak segampang itu. Banyak hal yang dipikirkan," tutur eks Pangdam I Bukit Barisan itu. (asp)



Loading...

Tidak ada komentar