News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sakti Banget Bro!! Saldo Rp 0, Tapi Bisa Transfer Milyaran, Begini Modusnya...

Sakti Banget Bro!! Saldo Rp 0, Tapi Bisa Transfer Milyaran, Begini Modusnya...


Tiga bulan lalu Condro Prayitno mengaku mentransfer Rp 300 ribu. Eh, setelah mengirim uang, saldonya justru bertambah jadi Rp 600 ribu.

Kemudian, dia menjajal transfer lagi. Hal serupa kembali terjadi. Jumlah uang di rekening pria 45 tahun itu bertambah gendut. Jadi Rp 1,2 juta.


”Itu hanya kebetulan,” ujar Condro, tersangka kasus akses ilegal, saat ditemui Jawa Pos di gedung Bareskrim Polri, Jakarta, kemarin (2/8).

Pemilik usaha pembersih lantai itu ditangkap polisi di Majalengka, Jawa Barat, 25 Juni lalu, dalam kasus akses ilegal. Itu terjadi setelah polisi menerima laporan dari salah satu bank BUMN.

Menurut Kasubdit I Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipid Siber) Bareskrim Kombespol Dani Kustoni, secara sederhana, kejahatan yang disangkakan kepada Condro adalah mengakali sistem bank untuk mengirim uang ke rekening tertentu. Jumlah rekening penampung itu mencapai 16 rekening.


Dan, semua dilakukan dengan modal rekening tanpa saldo. Hingga akhirnya ditangkap, jumlah uang yang berhasil dia sebar ke 16 rekening tersebut mencapai total Rp 1,7 miliar.

Bareskrim baru kali pertama ini menemukan kejahatan dengan modus semacam itu. ”Saat ini teknologinya sedang diidentifikasi, dari laptop dan handphone pelaku. Semua sedang diuji laboratorium forensik,” terangnya.

Berdasar hasil identifikasi sementara, diduga Condro memodifikasi kartu ATM yang dimiliki. Lalu, bank apa yang jadi korban? Kendati Condro mengambil uang dari ATM Mandiri, Dani enggan memastikan.

Dimintai konfirmasi secara terpisah, Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas menuturkan, sejauh ini tidak pernah terjadi kasus transfer tanpa saldo di bank pelat merah tersebut.

”Sejauh yang kami tahu, di ATM-ATM kami tidak pernah kejadian seperti itu,” ujarnya saat ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta, kemarin.

Tags

Posting Komentar