Header Ads

Rupiah Merosot Lagi, Menko Darwin Terkejut Lalu Bilang : Nanti Juga Balik Lagi...



Meski terkejut dengan merosotnya nilai rupiah terhadap dollar AS, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution akhirnya menganggap sepele.

Darmin masih melihat pelemahan rupiah hanya bersifat sementara. Setelah situasi global mereda, maka mata uang Garuda akan kembali ke level sebagaimana mestinya.

"Ini karena orang terpengaruh aja dengan orasi. Nanti juga dia balik lagi," tegas Darmin.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku cukup terkejut dengan kondisi nilai tukar rupiah yang terdepresiasi cukup dalam terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

"Itu pintar-pintarnya Jerome Powell saja ngomong. Sehingga dia udah menurunkan tingkat bunga, kemudian dia bilang ini untuk membantu ekonomi AS," kata Darmin, Jumat (2/8/2019).

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih melemah di perdagangan pasar spot hari ini. Dolar AS sudah menembus level Rp 14.200.

Pada Jumat (2/8/2019) pukul 13:00 WIB, US$ 1 dibanderol Rp 14.225. Rupiah melemah 0,82% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

"Dalam konstelasi internasional, kalau dia [The Fed] turunkan [bunga] mestinya respons-nya nggak begini. Kalau dia naikkan, baru response begini," jelasnya.

Darmin tak memungkiri, pelemahan rupiah dipengaruhi dari pernyataan The Fed yang kemungkinan tak lagi akan menurunkan tingkat bunga.

Belum lagi, sambung mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) itu, ditambah dengan rencana Amerika Serikat (AS) yang akan kembali mengenakan tarif baru bagi China.

"Saya lebih cenderung menganggap itu karena kalau semuanya bilang itu adalah pengaruhnya The Fed, tapi juga adalah pengaruhnya Amerika," katanya. (cnbc)



Loading...

Tidak ada komentar