Breaking

Kamis, 04 Juli 2019

Ketik "Monyet Cukur Rambut" di Google, Muncul Foto Pak Jokowi Lagi Pangkas, Ini Biangnya!


Akun Facebook Gandhi Waluyan mengunggah status kalimat ajakan yang viral. Dalam unggahannya, Gandhi menuliskan narasi sebagai berikut:

"Coba ketik di google : monyet cukur rambut. Mesin pencari berita ini akan memunculkan gambar." (https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10214848711239551&id=1479746067)

Selain keluar gambar monyet sedang dicukur rambutnya, juga keluar gambar atau foto Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang juga sedang cukur rambut.

Tak hanya Jokowi, foto meme Presiden Amerika Serikat Donald Trump juga keluar ketika memasukkan kata kunci yang sama di kolom pencarian. Kini, postingan Gandhi sudah ramai dibagikan netizen. Postingan itu juga menuai komentar yang beragam.

Hal yang sama juga terjadi ketika mengetikkan "monyet cukur rambut" di mesin pencari Google pada Jumat (5/7/2019).

Foto Jokowi sedang dicukur rambutnya oleh pemangkas rambut dengan Iriana Jokowi di sampingnya langsung muncul di urutan pertama kumpulan gambar, sedangkan gambar Trump sedang mencukur rambut seekor monyet ada di urutan ketiga.


Mengapa bisa demikian?

Jika ditelusuri lebih lanjut, foto-foto itu berasal dari berita yang memuat kejadian dicukurnya rambut Jokowi. Termasuk sejumlah media nasional pun memberitakan itu.

Sehingga kata kunci cukur rambut di sini terlacak oleh mesin Google. Kemudian, search engine optimization (SEO) dari masing-masing portal berita membuat foto Jokowi di artikel tersebut mejeng di halaman pertama Google. Walau pengguna hanya mengetikkan kata "cukur rambut" saja di kolom pencarian.

Lalu kenapa timbul foto berikutnya adalah monyet jika ditambahkan kata " monyet cukur rambut" dan kemudian masih muncul foto Jokowi, lagi-lagi ini karena viralnya meme monyet yang bercukur rambut.

Seperti meme Donald Trump, Google di pencariannya akan membaca tiap kata yang populer dan trending di pencarian.

Jadi, ketika dicari "monyet cukur rambut" kemudian muncul foto Jokowi itu diakibatkan sistem pencarian Google membaca kata yang paling trending terlebih dahulu, yakni berita tentang bercukur rambutnya Jokowi dan bukan monyetnya. (kompas.com)





loading...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar